Home / Post / Berita / Dansatgas Ikuti Rapat Bahas Keamanan di PLBN Skouw

Dansatgas Ikuti Rapat Bahas Keamanan di PLBN Skouw

Jayapura – Dalam rangka keterkaitan keamanan serta ketertiban Pos Lintas Batas Negera (PLBN) Kepala Biro Perbatasan Kerjasama Luar Negeri Provinsi Papua menggelar Rapat bersama stakeholder yang ada di Perbatasan Jayapura, Skouw. Senin Pagi (09/09/2019)

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Ibu Susana Wanggai yang kesehariannya menjabat Kepala Biro Perbatasan Kerjasama Luar Negeri Provinsi Papua serta diikuti 20 orang lainnya.

Dalam pembahasannya, sesuai surat edaran tentang penutupan selama seminggu terakhir pos lintas batas Skouw PLBN, hal tersebut atas dasar penyampaian pihak konsultan Indonesia yang ada di Vanimo berkaitan dengan isu – isu yang berkembang berkaitan dengan keamanan sehingga keputusan itu diambil.

Komandan Satgas Yonif 713/Satya Tama  Mayor Inf Dony Gredinand, S.H., M.Tr.Han., M.I.Pol., dalam tanggapannya menyampaikan, “Terkait penutupan selama kurang lebih satu minggu belakangan ini kami sangat mendukung. Hal ini dilakukan semata-mata demi keamanan dan kenyamanan kita untuk menghindari Pelintas Illegal baik dari Papua Nugini ataupun Indonesia yang tidak diharapkan, serta menetralisir isu-isu di masyarakat yang harus mendapat perhatian lebih. Kita semua tau bahwa 5 hari kebelakang ini di Jayapura sudah terjadi kekacauan yang mengakibatkan dampak kerugian bagi pemerintahan setempat”, ungkapnya

Tidak hanya Dansatgas Yonif 713/Satya Tama yang memberikan tanggapan terkait hal ini, tanggapan juga disampaikan oleh Kepala kepolisian Skouw, Kepala perbatasan, Kepala Karantina, Perwakilan Imigrasi dan Perwakilan Kesehatan Skouw yang dapat disimpulkan bahwa semuanya sependapat seperti apa yang disampaikan Dansatgas Yonif 713/Satya Tama.

Hasil Rapat Keterkaitan Keamanan serta Ketertiban Pos Pelintas Batas ini menyimpulkan Pos Pelintas Batas akan dibuka kembali terhitung mulai tanggal 10 September 2019 dengan keamanan yang lebih di perketat dari pihak TNI-Polri serta akan memback-up pihak security dan imigrasi demi menertibkan pelintas batas yang hendak melintas ke Wilayah Indonesia.

Hadir dalam kegiatan ini Bapak Herman (Kepala Divisi Imigrasi Jayapura), Yan Z Numberi (Kepala Admisintrator PLBN Skouw), Iptu Kasrun (Kapospol Skouw), Martinus Pawara (Kepala Perbatasan Kota Jayapura), Rahmad Turung (Kepala Karantina Wilayah Skouw), Ibu Nurlia (Perwakilan Karantina Kesehatan Wilayah Skouw), dan Marsel (Perwakilan Imigrasi Wilayah SKouw). (Prod/Cen)

About admincen