Dansatgas TNI 303/SSM Sukseskan Acara Adat Bakar Batu Di Lapangan SMPN 1 Ilaga

Acara adat bakar batu merupakan kegiatan yang sering dilakukan oleh masyarakat di wilayah Papua terlebih daerah pegunungan, seperti yang diselenggarakan oleh Masyarakat Ilaga, Distrik Ilaga Kabupaten Puncak dalam rangka pemulihan kembali kegiatan Belajar Mengajar.

Sebelum acara bakar batu, kegiatan diawali dengan Ibadah syukur dan dilanjutkan dengan acara adat bakar batu yang dihadiri oleh ratusan masyarakat Distrik Ilaga dan sekitarnya.

Kegiatan doa syukuran bersama tersebut dipimpin langsung oleh Bapak Willem Wandik S. E. M. Si (Bupati Kabupaten Puncak Papua). Bertema Guru-guru dan masyarakat bersatu memajukan pendidikan Puncak Jaya. Dalam sambutannya Bupati Puncak mengajak untuk seluruh unsur dan masyarakat dapat bekerja sama membangun serta memajukan pendidikan yang nyaman dan aman di Daerah Puncak.

“Sudah cukup lama pendidikan di Ilaga ini terhenti, saya berharap acara ini sebagai pembuka kegiatan belajar mengajar dapat berjalan kembali dengan nyaman, aman dan damai. Anak-anak kita merupakan masa depan bangsa, kelak mereka semua generasi penerus yang akan memajukan bangsa. Dengan dukungan seluruh unsur, aparat keamanan yang ada, saya yakin dan percaya pendidikan dapat berjalan kembali dengan baik,” kata Bupati.

Kegiatan acara adat bakar batu diakhiri dengan penanaman bibit pohon pisang dan makan bersama dengan tujuan menjalin kebersamaan aparat keamanan, guru dan masyarakat wilayah Ilaga.

Sementara itu Letkol Inf Denny Salurerung S.Sos (Dandim 1714/PJ) yang turut hadir mengajak untuk menyukseskan acara bakar batu tersebut.

“Mari kita sukseskan acara ini dan semoga pendidikan di daerah ini semakin baik,” ungkapnya.

Hadir pada acara tersebut, Kompol I Nyoman Punia S.Sos (Kapolres Puncak Papua), Mayor Cku M. Alwan Wijaya (Kapos Satgas Elang III BIN Pos Puncak), Mayor Inf Slamet Faojan (Danyon Satgas Kodim Yonif Raider 303/SSM Kostrad), Kompol Wugar Hadi (Dansektor Satgas Damai Cartenz), Lukius Newegalen, S.IP. (Ketua DPRD Kabupaten Puncak Papua), Ir. Darwin L. H. Tobing, M.M. (Plt. Sekda Puncak Papua), Alpon Newegalen (Asisten III Puncak Papua/Plt. Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Puncak Papua), Yuni Tabuni (Staf Ahli Bupati Puncak Papua), dan Mulyanto, S.Hut. (Kadisbpkad Puncak Papua).

Otentifikasi : Pendam XVII/Cenderawasih.

Check Also

Wujudkan Balita Sehat, Babinsa Koramil 1707-07/Elikobel Dampingi Posyandu

Merauke ~ Dalam rangka ikut serta mewujudkan masyarakat yang sehat, Babinsa Koramil 1707-07/Elikobel Kodim 1707/Merauke …