Home / Post / Berita / Dasari Sikap Disiplin Pada Anak Sekolah, Babinsa Latihkan Baris Berbaris

Dasari Sikap Disiplin Pada Anak Sekolah, Babinsa Latihkan Baris Berbaris

Timika  ̴ Sebagai aparat kewilayahan, Bintara Pembina Desa (Babinsa) mempunyai tugas dan tanggung jawab yang sudah menjadi kewajibannya untuk membina desanya, baik menjaga stabilitas keamanan maupun menjadi contoh dalam kegiatan keseharian diwilayahnya.

Selain itu dalam rangka membentuk sikap, kedisplinan, kekompakan, loyalitas dan kepedulian, rasa persatuan dan rasa tanggung jawab generasi muda di Wilayah Binaan, seorang Babinsa wajib ikut andil bagian dikarenakan hal tersebut merupakan salah satu tugas sebagai satuan teritorial.

Sebagai contoh yang dilakukan oleh Babinsa Kampung Pigapu Koramil 1710-03/Kuala Kencana Kopda Frenki Otniel Seubelan dengan memberikan materi latihan Baris Berbaris selama 2 hari kepada  siswa siswi SMP Sentral Pendidikan, di Jl. Poros SP.5 Distrik Iwaka, Kab. Mimika, Senin (8/07/2019).

Kopda Frenki mengatakan, maksud dan tujuan pelaksanaan kegiatan tersebut adalah untuk menumbuhkan sikap disiplin di lingkungan sekolah.

“Kegiatan semacam ini memang penting dilakukan, selain membentuk sikap kedisplinan, kekompakan, loyalitas, kepedulian dan rasa persatuan serta rasa tanggung jawab, siswa-siswi diharapkan juga mahir dalam baris-berbaris sehingga pada saat ada pelaksanaan upacara bendera bisa dilakukan dengan benar dan tertib sekaligus sebagai didikan awal untuk bela negara bagi generasi muda di lingkungan sekolah”, terangnya.

Babinsa menambahkan, bahwa dalam pelatihan PBB terdapat suatu bentuk latihan awal untuk membela negara, menanamkan rasa disiplin pada siswa serta menumbuhkan rasa kebersamaan diantara teman. Selain itu kegiatan ini merupakan wujud latihan fisik agar tertanam kebiasaan dan ketertiban dalam berkehidupan yang diarahkan kepada terbentuknya sikap seseorang supaya memiliki keteraturan dalam kesehariannya serta perilaku disiplin yang tinggi. (Prd/Cen)

About admincen