Di Sarmi Papua, Babinsa Holmaven Bersama Masyarakat Panen Raya

Sarmi – Koramil 1712-01/Sarmi melaksanakan pendampingan panen Raya Petatas. Dalam rangka menciptakan keharmonisan dan kerukunan antara Babinsa dan masyarakat. Panen Raya yang bertujuan agar meningkatkan ketahanan pangan di masa yg akan datang nanti yang bertempat di Kampung Holmaven Distrik Sarmi kota Kabupaten Sarmi, pukul 13.00-15.00. Jumat (7/10/2022).

Ubi jalar tidak membutuhkan waktu yang panjang. Masa tanam, pemupukan hingga panen hanya selama 3–4 bulan.

“Masyarakat memilih bercocok tanam ubi jalar tidak membutuhkan banyak perawatan, masa panennya juga relatif singkat dan hasilnya juga sangat menggiurkan,” ujar Babinsa.

Babinsa dan Babinkantimas mendampingi Kepala Desa dalam kegiatan panen raya betatas. Pada kegiatan tersebut turut hadir Kasdim 1712/Sarmi Mayor Inf Ahmad, Danramil 1712-01/Sarmi, Kapten Inf Ratno, Kepala desa Holmaven, Maraetius Biranggua, Kasatbinmas, Dinas Pertanian, Bapak Portanius Raja, Dinas Ketahanan Pangan, Bapak Benyamin Sinaga.

Disela kegiatan tersebut, Kasdim 1712/Sarmi menyampaikan kepada Bapak Kepala Desa dan masyarakat yang menghadiri acara panen raya agar lebih giat lagi cara bercocok tanamnya yang baik.

“Salah satu hal yang menarik dari bercocok tanam yaitu kita bisa lakukan dimana saja mau itu diruangan tertutup maupun diruangan terbuka. Hal yang perlu kita lakukan ketika bercocok tanam itu kita harus memenuhi apa saja yang menjadi kebutuhan tanaman kita. Ketika kita menanam di ruangan terbuka kita perlu cahaya matahari sedangkan di ruangan tertutup kita bisa menggantikan dengan cahaya lampu,” pungkas Kasdim.

Kegiatan bercocok tanam bersama warga ini dimulai dari cara menyemai benih, penanaman bibit, dan pemberian nutrisi.

Merespon apa yang telah dilakukan Babinsa, Kepala Desa Holmaven mengungkapkan tanaman yang ditanam tidak ada penyiraman apalagi pemakaian pestisida dalam perawatannya, sehingga lebih menyehatkan lagi saat di konsumsi.

“Dengan adanya kegiatan ini diharapkan warga bisa memenuhi kebutuhan mereka dibidang pertanian, petani juga tidak perlu berkebun jauh saat hujan. Sehingga dapat menghemat tenaga dan pengeluaran yang mereka gunakan dalam kehidupan sehari-harinya,” jelasnya.

Otentifikasi : Pendam XVII/Cenderawasih.

Check Also

Tingkatkan Semangat Gotong-Royong, Babinsa Bantu Penggalian Pondasi WC Milik Warga

Biak ~ Wujud kepedulian terhadap sesama yang dilakukan oleh Babinsa Posramil 1708-02/Biak Utara Warsa Serda …