DI TIGI, APARAT TNI AJARKAN WASBANG BAGI SISWA SMK

Tigi – Bertempat di SMKN 1 Tigi, Desa Mugouda, Distrik Tigi, Kabupaten Deiyai, Babinsa dari Koramil 02/Tigi dipimpin Serma Rizal Ruma mengajarkan materi Wawasan Kebangsaan (Wasbang) dan pembekalan kemampuan Bela Negara kepada pelajar SMKN 1 Tigi, Kamis (10/03/2022).

Dalam kegiatan yang diikut siswa kelas 2, Serma Rizal Ruma menjelaskan bahwa pemberian materi Wasbang tersebut bertujuan untuk menumbuhkan kecintaan para pelajar kepada tanah air, menumbuhkan kesadaran berbangsa dan bernegara, Pancasila sebagai ideologi bangsa dan kerelaan berkorban bagi negara.

Empat Pilar Kebangsaan Negara Republik Indonesia merupakan hal mutlak yang harus diketahui dan dipahami oleh siswa-siswi. Empat Pilar Negara tersebut terdiri dari Pancasila, UUD 45, Bhineka Tunggal Ika, dan NKRI.

“Dimana Pancasila sebagai Dasar Negara, Pancasila sebagai Jiwa dan Kepribadian Negara, Pancasila sebagai Ideologi Negara serta Pancasila sebagai Tujuan Hidup Kita,” ucap Serma Rizal Ruma.

“Yang kedua yaitu UUD 1945 sebagai Dasar Pedoman Negara untuk meraih Kemerdekaan, sementara Bhinneka Tunggal Ika merupakan Semboyan Negara untuk mempersatukan seluruh wilayah, suku, budaya, bahasa dan agama di seluruh wilayah Negara Indonesia,” tambah Babinsa.

Usai melaksanakan pembekalan tersebut, Babinsa mengatakan bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk membentuk karakter pelajar yang disiplin, setia, berbakti dan menjunjung tinggi nilai luhur bangsa agar senantiasa tetap menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Sementara itu Kepala Sekolah SMKN 1 Tigi, Bapak Delian Dogopia, S.Th., MM. menyampaikan ucapan terima kasih kepada Babinsa Koramil 02/Tigi yang telah memberikan wawasan kebangsaan kepada para pelajar SMKN 1 Tigi.

“Terimakasih kepada bapak-bapak TNI yang sudah memberikan materi Wasbang di sekolah kami, karena dengan kehadiran TNI disini membuat kami lebih dekat dengan bapak-bapak TNI terutama anak didik kami. Mereka sangat senang dan bangga dengan kehadiran bapak-bapak TNI dari Koramil 02/Tigi ini,” ungkap Bapak Delian Dogopia.S.Th,MM.

Otentifikasi: Pendam XVII Cenderawasih

Check Also

Kasdam didamping Wakil Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Berbagi Kasih Di Pondok Pesantren Darul Qur’an Wadda’wah Argapura

Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Izak Pangemanan, M.Han diwakili Kasdam XVII/Cen Brigjen TNI Hariyanto beserta Ny. …