Home / Post / Berita / Dikawal TNI-Polri, Aksi Unjuk Rasa Di Yapen Berjalan Damai

Dikawal TNI-Polri, Aksi Unjuk Rasa Di Yapen Berjalan Damai

 Yapen – Aksi Unjuk Rasa dilakukan oleh Lembaga Masyarakat Adat (LMA) bersama dengan Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, dan Tokoh Adat wilayah Yapen yang berjumlah sekitar 400 orang Bertempat di Lapangan Trikora Alun-alun Kota Serui Jl. A. Yani Kab. Kep. Yapen, pada Selasa (20/08/2019).

Untuk mencegah terjadinya unjuk rasa yang berujung dengan tindakan anarkis, kegiatan ini mendapat pengawalan dari personel Kodim 1709/Yawa dan Polres Kep. Yapen. Dalam kegiatan ini, para personel TNI-POLRI pun tampak membagikan dan sekaligus memakaikan pita merah putih dilengan dan kepala dari seluruh peserta aksi unjuk rasa yang hadir saat itu.

Ones Wayoi Ketua Dewan Adat Papua mengucapkan, “Hari ini kita berkumpul dan berdiri di Alun-alun Kota Serui, kota zona damai yang kita cintai ini, untuk menyatakan solidaritas kita dan keprihatinan kita terhadap apa yang terjadi di Surabaya, Malang, Semarang dan tempat-tempat lainnya. Karena beberapa waktu lalu telah terjadi suatu peristiwa atas anak-anak papua yang mengganggu akal sehat kita dan juga mengoyak rasa kebangsaan, persatuan dan telah melampaui batas kepatutan dalam tatanan adat kita”, ucapnya.

Kapolres Kep. Yapen AKBP Penri Erison, S.Pd., MM., yang hadir mengawal kegiatan tersebut menghimbau, “Dalam aksi unjuk rasa ini ada hal-hal yang harus dipatuhi, yaitu sanggup menjamin keamanan dan tidak melakukan tindakan yang anarkis selama pelaksanaan hingga berakhirnya aksi ini. Saya sangat bangga terhadap warga Serui karena sudah mengawali kegiatan ini dengan doa dan selalu mengandalkan Tuhan dalam setiap kegiatan”, himbaunya.

Senada dengan Kapolres, Dandim 1709/Yawa Letkol Inf Leon, S.H., menambahkan, “Seluruh peserta yang hadir saat ini agar dapat menyampaikan seluruh aspirasinya dengan damai, karena apabila dilakukan dengan tindakan yang anarkis, maka yang akan merasakan kerugian dan akibatnya bukan orang diluar kota Serui ini, melainkan kita sendiri yang ada ditempat inilah yang akan menanggung kerugiannya”, ujarnya.

Kegiatan unjuk rasa ini dilanjutkan dengan melakukan orasi, yang dilakukan oleh para peserta unjuk rasa dengan berjalan kaki melintasi Jl. M. Yamin, Jl. Diponegoro, Jl. Yos Sudarso dan kembali di Lapangan Trikora Alun-alun kota serui Jl. A. Yani. Kegiatan ini pun berlangsung dengan aman dan damai yang juga diikuti dan dikawal langsung oleh personel Kodim 1709/Yawa dan Polres Kep. Yapen. (Prod/Cen)

About admincen