Dukung Kelestarian Budaya Lokal, Babinsa Koramil 1709-01/Yapsel Hadiri Festival Budaya Di Kepulauan Ambai

Yapen ~ Dalam rangka mendukung kelestarian adat/budaya lokal dan turut menyukseskan rangkaian kegiatan Festival Budaya Saireri dalam event Sail Teluk Cenderawasih (STC), Serka Evan Jaya bersama para Babinsa Koramil 1709-01/Yapen Selatan Kodim 1709/Yawa, menghadiri dan mengawal langsung kegiatan yang berlokasi di Kampung Bairei, Distrik Kepulauan Ambai, Kabupaten Kepulauan Yapen, Papua, Jumat (20/10/2023).

Diungkapkan Serka Evan Jaya dalam kegiatan bahwa rangkaian kegiatan Festival Budaya Saireri yang saat ini berlangsung, terdiri dari, kegiatan dayung cegeh dan lomba dayung tradisional, atraksi raiwoming (Suku Ampari) serta lomba tari kreasi, yang diakhiri dengan mengunjungi spot wisata snorkeling dan diving di Kepulauan Ambai.

“Selaku Babinsa, kegiatan seperti ini tentunya sangat baik untuk melestarikan warisan adat dan budaya dari nenek moyang kita, dan bagi seluruh generasi muda kita saat ini, agar tak tergerus dan hilang ditelan oleh kemajuan tekhnologi serta perkembangan zaman,” ujar Serka Evan Jaya.

Ditambahkannya, kegiatan ini nantinya akan dapat menambah penghasilan, peningkatan perekonomian dan peningkatan kesejahteraan seluruh lapisan masyarakat diwilayah Kepulauan Yapen.

“Lewat momen ini pula, mari kita manfaatkan dengan baik dalam memperkenalkan wisata budaya maupun lokasi wisata snorkeling dan diving bagi seluruh wisatawan lokal maupun internasional, sehingga wilayah Kepulauan Ambai ini dapat menjadi tujuan destinasi para wisatawan,” sambungnya.

Dalam kegiatan ini, tampak Babinsa yang hadir mewakili Danramil 1709-01/Yapsel Kapten Inf Marselus Worabai dan bersama-sama tamu undangan lainnya, disambut dengan meriah oleh tarian adat dari seluruh warga yang hadir dalam kegiatan festival budaya saat itu.

Turut hadir dalam kegiatan Agus Yowey Anggota DPRD Yapen, Nikolas Imbiri Kepala Dinas Pariwisata Kep. Yapen, Kompol Nursalam Wakapolres Yapen, Robinhod Simbolon, S.T Kepala LPP RRI Serui, Isak Maniani Kepala Distrik Kep. Ambai, Iptu Eko Setiawan Kasat Polairud, seluruh Aparat Kampung, Tokoh Adat, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan seluruh lapisan masyarakat.

Otentifikasi : Pendam XVII/Cenderawasih

Check Also

Sambut HUT Ke-61, Kodam XVII/Cenderawasih Gelar Karya Bakti Bersihkan Sampah Pasar Youtefa

Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-61 Kodam XVII/Cenderawasih ke-61, sejumlah kegiatan dilaksanakan termasuk …