DUKUNG PERCEPATAN PEMBANGUNAN, BABINSA KORAMIL 1710-03/KK HADIRI MUSRENBANG TINGKAT KAMPUNG

Timika ~ Kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) adalah forum musyawarah tahunan yang dilaksanakan secara partisipatif oleh para pemangku kepentingan untuk menyepakati rencana kegiatan tahun anggaran yang berjalan sesuai dengan tingkatannya.

Tujuan diadakannya Musrenbang yaitu untuk menampung dan menetapkan kegiatan prioritas sesuai kebutuhan masyarakat yang diperoleh dari musyawarah perencanaan yang sesuai dengan tingkatan dibawahnya serta menetapkan kegiatan yang dibiayai melalui APBD maupun sumber pendanaan lainnya.

Aparat Komando Kewilayahan (Apkowil) harus mampu menjadi salah satu pendukung program percepatan pembngunan sampai dengan tingkat desa atau kampung sesuai tugas pokok selain perang, yaitu dengan ikut serta membantu tugas pemerintah daerah dalam percepatan di bidang pembangunan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Seperti hal yang dilakukan oleh Babinsa Koramil 1710-03/Kuala Kencana Sertu Nurkholis dalam kegiatan Binternya kali ini menghadiri musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) tingkat Kampung bertempat di Balai Kampung Naena Muktipura, Distrik Wania, Kab. Mimika, Senin (20/12/2021).

Sertu Nurkholis mengatakan bahwa, kegiatan Musrenbang ini untuk membahas mengenai rencana pembangunan Kampung yang akan menjadi skala perioritas yang nantinya akan diusulkan dalam Musrenbang Tingkat Distrik.

“Sebagai aparat kewilayahan, seorang Babinsa harus mengetahui rencana pembangunan di desa binaan masing-masing sehingga bisa koordinasi dengan aparat desa tentang segala apa hambatan yang mungkin timbul dan langkah-langkah antisipasinya”, ungkapnya.

Ia juga mengharapkan agar Musrenbang kali ini menjadi satu wadah guna mensinergikan kegiatan dan menyepakati usulan dari masing-masing aparat Kampung tentang pembangunan yang menjadi Skala prioritas untuk diusulkan dalam Musrenbang Tingkat Distrik. (Prod/Cen)

Check Also

MEMBANGUN HUBUNGAN YANG HARMONIS DENGAN RAKYAT MELALUI KEGIATAN KOMSOS

Keerom – Upaya untuk memanunggalkan TNI dengan Rakyat terus di lakukan oleh prajurit TNI dimanapun …