Dukung Program Pemerintah, Kodim 1709/Yawa Gelar Penyuluhan Program KB Kesehatan

Berlokasi di Kantor DPPKB (Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana) Jalan Stevanus Rumbewas Distrik Anotaurei Kabupaten Kepulauan Yapen, Kodim 1709/Yawa bekerjasama dengan Polkes 17.09.05 Serui dan DPPKB Yapen melaksanakan Kegiatan Penyuluhan dan Pelaksanaan Program KB Kesehatan Semester II TA 2022 diwilayah Kodim 1709/Yawa, Rabu (23/11/2022).

Kegiatan yang digelar dengan mengusung tema “TNI Bersama Rakyat Wujudkan Keluarga Sehat Untuk Indonesia Kuat” diikuti oleh 50 orang perwakilan ibu-ibu dari masing-masing Distrik dan kampung yang ada diwilayah teritorial Kodim 1709/Yawa.

Komandan Kodim 1709/Yawa melalui Perwira Seksi Logistik Kapten Inf Dilli Aryadi dalam sambutannya mengawali kegiatan mengatakan kegiatan tersebut merupakan salah satu program kerja Kodim 1709/Yawa yang menggandeng DPPKB Yapen, guna mendukung program KB Kesehatan yang telah dicanangkan oleh pemerintah sebagai upaya pengendalian dan penyebaran penduduk diwilayah ini.

“Hal ini merupakan wujud kepedulian TNI-AD untuk mencapai sasaran percepatan revitalisasi program KB kesehatan secara maksimal, terutama dalam lingkup wilayah Kabupaten Kepulauan Yapen, yang mengajak kita semua selaku seluruh lapisan masyarakat untuk berkomitnen menyukseskan program tersebut guna mewujudkan masyarakat yang sehat, bahagia dan sejahtera, untuk Indonesia kuat,” tegasnya.

Rosita, M.Pd selaku sekretaris DPPKB Yapen dalam arahannya kepada ibu-ibu peserta menjelaskan Penyuluhan Keluarga Berencana (KB) Kesehatan ini merupakan program yang berkelanjutan dalam rangka menyiapkan keluarga yang berkualitas dengan harapan akan melahirkan keturunan yang cerdas dan berkualitas.

“Tujuannya yaitu, untuk membantu mengendalikan laju pertumbuhan penduduk yang seimbang serta mengatur waktu kehamilan dan menekan angka kematian ibu dan bayi, sehingga kita tidak perlu khawatir dengan program KB ini, karena ini bukan untuk menghambat melahirkan anak, namun hanya untuk mengontrol kehamilan para ibu-ibu sekalian,” tandasnya.

Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan Pelayanan KB metode kontrasepsi jangka panjang (MKJP) berupa Implan, IUD dan MOW (Tubektomi untuk wanita), serta pemeriksaan implan bagi seluruh peserta ibu-ibu yang hadir saat itu, yang dilakulan oleh tenaga kesehatan gabungan dari Polkes 17.09.05 Serui dan Puskesmas Serui Kota.

Otentifikasi : Pendam XVII/Cenderawasih.

Check Also

Kasdam didamping Wakil Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Berbagi Kasih Di Pondok Pesantren Darul Qur’an Wadda’wah Argapura

Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Izak Pangemanan, M.Han diwakili Kasdam XVII/Cen Brigjen TNI Hariyanto beserta Ny. …