Final Day, Hasil Bank Sampah Lebih 1 Ton Bermanfaat Untuk Keperluan Sekolah Anak-Anak

Final Day Aksi Grebek Sampah “Jaga Biak Asik Tanpa Sampah Plastik” yang diinisiasi oleh Dandim 1708/BN Letkol Inf Marsen Sinaga. S.Hub.Int., M.Han. bekerja sama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Biak Numfor, Paguyuban dan Komunitas Peduli Lingkungan, TNI, Polri, Instansi Pemerintah (BPBD dan Satpol PP) digelar di areal Bank Sampah Amanah Recycle Biak Kelurahan Brambaken Distrik Samofa, Kabupaten Biak Numfor, Sabtu, (3/2/2024) pukul 08.35 Wit.

Kegiatan pembersihan sampah yang sudah dimulai 5 hari berturut turut ini, pada hari Sabtu (3/2) dimulai dari Kantor Dinas Sosial, pinggir Pantai Kampung Fandoi dan Kampung Waupnor, areal Bank Sampah Amanah Recycle Biak Kelurahan Brambaken Distrik Samofa.

Lebih lanjut, kegiatan dirangkai dengan Sosialisasi BJS Kesehatan (Mobile Jkn) dan Sosialisasi Bank Sampah Amanah Recycle Biak (Proses Pengolahan Sampah), dan Penyerahan Sampah dari Anak Sekolah dan Pemberian Sertifikat Penghargaan kepada Comunitas Trashero.

Pada momen ini Bapak Calvin Mansnembra SE.,MBA (Wakil Bupati Biak Numfor) mengucapkan terima kasih atas digelarnya Grebek Sampah Keliling di wilayah Kabupaten Biak Numfor.

“Semoga TNI/Polri, Pemerintah Daerah dan Para Komunitas kedepannya bisa terus berkolaborasi untuk melakukan kegiatan – kegiatan yang positif dan bermanfaat,” ungkapnya.

Di tempat yang sama, Dandim 1708/BN mengungkapkan kegiatan grebek adalah kolaborasi dengan Pemda dan Para Komunitas serta masyarakat.

“Nilai tukar Bank Sampah yang lebih 1 ton ini sebesar 2,5 Jt diberikan kepada Komunitas anak-anak Tras Hero Kids dari Pulau Owi yang membawa anak-anak untuk berpartisipasi aktif. Uang tersebut untuk pembelian sarana belajar, tas, buku dan alat tulis,” ungkap Dandim.

“Kegiatan grebek sampah ini agar tercipta lingkungan yang bersih, dapat mengelola sampah plastik sampah sampai tuntas. Bahwa sampah itu ada nilai ekonomisnya dan manfaatnya,” imbuhnya.

“Kepada seluruh lapisan masyarakat Kabupaten biak Numfor. Kami kodim 1708/BN mengucapkan terimakasih sudah mensukseskan kegiatan grebek sampah ini. Dan kami tidak lupa untuk selalu berterimakasih kepada pemerintah daerah, TNI/Polri, Masyarakat, Komunitas, Paguyuban dan lainnya,” tutup Dandim.

Turut hadir dalam kegiatan ini, AKBP Demianus Dedy Susanto, S.H., S.I.K., MH (Kapolres Biak Numfor), Letkol Cba Eko Setyo Budi, S.T., M.T. (Dandenbekang XVII-44-03 Biak), Mayor Inf Dudi Leonardi T., A.Md. (Pasiren Korem 173/PVB), Mayor Inf Bambang (Pasipers Rem 173/PVB), Mayor Cku (K) Patrisia Siante (Pjs Kasdim 1708/BN), Kapten Chb Yanuar (Wadandenhubrem 173/PVB), Kapten Inf Irianto (Pabung Kodim 1708/BN), Akp Halim (Kasat Binmas polres Biak Numfor), Lettu Inf Ridianto (Pasiter Kodim 1708/BN), Letda Inf Sarodin (Pasintel Kodim 1708/BN), Letda Subur (Kasubsihakomp Sihar Posek Kosek III), Iwan Ismulyanto (Kadis Lingkungan Hidup Kab. Biak Numfor, Beto Frengky (Kasub Dinas Pariwisata Biak), Aco Raweyai (Ketua RKB), Alfa Rumbino (Anggota NWB Night Walking Byak), Jonathan Marui (Komunitas Asobi), Dian Meilowati (Staf BPJS Biak Numfor), Taufik (Pengelola Bank Sampah Amanah Recycle Biak), Anggota BPBD dan Satpol PP

Check Also

Tanggap Bencana, Babinsa Koramil Dawai Bersama Warga Perbaiki Jalan Longsor Trans Yapen

Yapen ~ Akibat tingginya curah hujan yang terjadi beberapa hari terakhir di Wilayah Distrik Yapen …