GELAR TRADISI BAKAR BATU, MASYARAKAT DAN SATGAS YONIF 123/RW SAMBUT PEMBANGUNAN

Sota – Masyarakat Papua hingga saat ini masih memegang tradisi para leluhurnya. Tradisi-tradisi yang sarat nilai-nilai kemoralan yang harus terus dilestarikan. Salah satu tradisi yang masih dijalankan hingga kini adalah yang biasa dikenal sebagai Bakar Batu yang ada di Kampung Yakyu Distrik Sota Kab. Merauke.

Bakar batu adalah pesta syukur atas berkat yang melimpah, pernikahan dan penyambutan tamu agung. Seperti Halnya yang dilakukan Prajurit Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 123/RW bersama masyarakat Kampung Yakyu Distrik Sota Kab. Merauke Sebagai ungkapan rasa syukurnya atas dimulai pembangunan Tower Komunikasi di kampung tersebut, Sabtu (19/02/2022).

Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif 123/Rw Letkol Inf Goklas P. Silaban mengatakan bahwa tradisi masyarakat Papua tersebut adalah tradisi turun temurun dari para leluhur.

“Dalam ritual bakar batu, terlihat betapa tingginya solidaritas dan kebersamaan masyarakat Papua. Memperlihatkan keramahtamahan masyarakat Papua dan kita turut melestarikan tradisi tersebut,” ucap Dansatgas.

Di tempat yang sama, Danpos Yakyu Letda Inf Darwin S. Manullang menjelaskan bahwa kedekatan dan kebersamaan Prajurit Pos Yakyu dan masyarakat Kampung Yakyu terjalin sangat baik.

“Hari ini kita bersama-sama warga melaksanakan tradisi bakar batu sebagai ungkapan rasa syukur atas akan berdirinya tower komunikasi, hal ini akan menjadikan Kampung Yakyu yang selama ini tidak ada sinyal komunikasi menjadi mudah dalam berinteraksi dengan masyarakat luar Kampung Yakyu, ini juga akan membuat perekonomian maupun kehidupan masyarakat Kampung Yakyu menjadi lebih maju dan sejahtera,” jelas Danpos Letda Inf Darwin.

Sementara itu, Ketua Adat Kampung Yakyu Bapak Texi Ngaro Maywa mengatakan bahwa masyarakatnya sangat menjunjung tinggi tradisi leluhur dan mengucapkan terima kasih kepada Bapak-bapak TNI Pos Yakyu atas terselenggaranya tradisi ini.

“Saya berharap kebersamaan serta persaudaraan terus semakin kuat,” ucap Ketua Adat Bapak Texi.

Otentifikasi : Pendam XVII/Cenderawasih.

Check Also

Pangdam Cenderawasih Mendampingi Menteri Pertanian RI Dalam Rakor Peningkatan Produksi Pangan Nasional

Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Izak Pangemanan, M.Han mendampingi Menteri Pertanian RI Dr. Ir. H. Andi …