Gercep!! Satgas TNI 711Rks Bantu Obati Anak Terluka Di Keerom Papua

Keerom – Dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di wilayah Papua, tim kesehatan Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 711/Rks Brigif 22/OM melalui Pos Ampas Gerak Cepat (Gercep) mengobati anak-anak yang sedang terluka di Kampung Ampas, Distrik Distrik Arso Timur, Kabupaten Keerom, Papua, Minggu (18/09/2022).

Hal tersebut disampaikan Danpos Ampas Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 711/Rks Letda Inf Harys Setiawan dalam keterangannya.

Dengan dipimpin oleh Danpos Ampas Letda Inf Harys Setiawan beserta 10 dan anggota kesehatan, pada saat berkeliling menelusuri dari rumah ke rumah melaksanakan pengobatan gratis, tiba-tiba melihat seorang anak yang terjatuh sedang bermain-main dengan teman sebayanya di Kampung Ampas.

Dengan aksi dan gerak cepat Danpos TNI dan bersama tim kesehatan mendekati anak tersebut, ternyata kaki di sebelah kirinya mengalami pendarahan dan terluka, saat terjatuh bermain bersama teman-temannya, disebabkan kena batu kerikil yang tajam.

“Kami dan tim kesehatan Satgas segera menyiapkan peralatan untuk mengobati luka terhadap anak tersebut,” ucap Danpos Letda Inf Harys Setiawan.

Tim kesehatan selanjutnya membersihkan luka dengan diberikan obat, setelah itu luka diperban dan anak tersebut diberi obat anti nyeri dan antibiotik untuk mencegah infeksi guna mempercepat penyembuhan pada lukanya.

“Pengobatan yang kami berikan kepada warga ini adalah wujud kepedulian Satgas TNI kepada masyarakat di sekitar Pos Ampas,” imbuh Danpos.

“Personel Satgas Pamtas selain bertugas menjaga pengamanan perbatasan juga melaksanakan tugas lain diantaranya pembinaan teritorial kepada masyarakat perbatasan terutama bidang kesehatan agar tercipta hubungan silaturahmi yang baik antara anggota Satgas dengan masyarakat perbatasan RI-PNG.

“Ini adalah upaya kami untuk membantu masyarakat, karena keterbatasan sarana kesehatan diwilayah ini,” ujar Letda Inf Harys.

“Saya berharap, dengan adanya layanan kesehatan ini, semoga dapat berguna dan bermanfaat bagi warga yang ada di perbatasan RI-PNG, serta dapat mewujudkan kesejahteraan masyarakat di bidang kesehatan serta dapat memperkokah hubungan kemanunggulan TNI dengan rakyat,” pungkas Letda Inf Harys Setiawan

Sementara itu, Michelle (8) menyampaikan terima kasih mendapat pengobatan oleh Prajurit TNI.

“Abang-abang Tentara Pos Ampas baik sudah mengobati luka saya,” singkatnya.

Otentifikasi : Pendam XVII/Cenderawasih.

Check Also

Kasdam didamping Wakil Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Berbagi Kasih Di Pondok Pesantren Darul Qur’an Wadda’wah Argapura

Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Izak Pangemanan, M.Han diwakili Kasdam XVII/Cen Brigjen TNI Hariyanto beserta Ny. …