Hadiri Rakorda Papua Tengah, Kasdam XVII/Cenderawasih : Perkuat Sinergitas dan Kolaborasi Untuk Percepatan Pembangunan

Pangdam XVII/Cenderawasih yang diwakili oleh Kepala Staf Kodam (Kasdam) XVII/Cen Brigjen TNI Hariyanto menghadiri Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Se-Provinsi Papua Tengah bersama Forkopimda se-Papua Tengah tahun 2024, bertempat di Aula Kantor Gubernur Papua Tengah, Jl. Merdeka, Kelurahan Karang Mulia, Distrik Nabire, Kabupaten Nabire, Provinsi Papua Tengah, Senin (29/1/2024).

Demikian disampaikan Ws. Kapendam XVII/Cenderawasih Letkol Inf Candra Kurniawan, S.E., M.M dalam keterangannya.

Rakorda ini mengusung tema “Sinergitas Provinsi Papua Tengah dan seluruh stakeholder untuk menyukseskan penyelenggaraan pemilu serentak tahun 2024, program strategis daerah dan nasional dalam mewujudkan Papua Tengah sehat, cerdas dan Produktif” dibuka oleh Pj Gubernur Papua Tengah Dr. Ribka Haluk S.Sos. M.M, dan dihadiri Kasdam XVII/Cen Brigjen TNI Hariyanto, Danrem 173/PVB Brigjen TNI Frans Yohanes Purba, S.I.P ,M.M., Wakapolda Papua Brigjen Pol. Petrus Patrige Rudolf Renwarin, Ketua KPUD Provinsi Papua Tengah Jennifer Darling Tabuni, Ketua Bawaslu Markus Madai, Forkopimda Papua Tengah dan 8 Bupati se-Papua Tengah.

Dalam sambutannya Pj Gubernur Provinsi Papua Tengah Dr. Ribka Halluk, S.Sos., M.M menyampaikan Pesta Demokrasi Pemilu serentak tahun 2024 merupakan momen besar dan bersejarah bagi Provinsi Papua Tengah sebagai Daerah Otonomi Baru untuk pertama kalinya melaksanakan Pesta Demokrasi.

“Rakorda ini untuk memastikan kesiapan dari pada segenap para penyelenggara yang terlibat dalam Pemilu Serentak Tahun 2024 di wilayah Provinsi Papua Tengah,” jelas PJ Gubernur Provinsi Papua Tengah.

Di tempat yang sama Kasdam XVII/Cen yang membacakan sambutan Pangdam XVII/Cen mengapresiasi langkah dari Kemendagri, Pemerintah Provinsi Papua Tengah dan seluruh stakeholder karena responsif menggelar Rakorda untuk mewujudkan situasi Papua Tengah yang aman dan damai serta mengantisipasi dinamika yang akan terjadi di kemudian hari, khususnya menjelang, saat dan pasca Pemilu tahun 2024. Hal ini sekaligus menyukseskan agenda strategis nasional di daerah.

“Provinsi Papua Tengah merupakan salah satu daerah yang menyelenggarakan kebijakan kekhususan, sesuai peraturan Pemerintah nomor 106 tahun 2021. Maka apa yang selama ini kita sosialisasikan ke daerah-daerah yaitu deklarasi Pemilu yang tertib, damai, aman dan lancar diharapkan dapat benar-benar terwujud,” jelas Brigjen TNI Hariyanto.

“Kodam XVII/Cen sangat mendukung dan mensupport adanya percepatan pembangunan di wilayah Papua Tengah secara masif dan komprehensif, sehingga dengan adanya pertemuan ini yang membahas isu-isu strategis nasional di daerah adalah langkah yang tepat, seiring harapan masyarakat di wilayah Papua Tengah,” imbuhnya.

Lebih lanjut Kasdam menegaskan bahwa Kodam XVII/Cen seperti institusi lainnya yaitu mengimplementasikan program stunting, penghapusan kemiskinan ekstrem, penanganan pengangguran dan pengendalian inflasi sampai ke daerah-daerah dan pelosok kampung-kampung.

“Marilah kita jadikan rakor ini sebagai momentum untuk memperkuat sinergitas dan kolaborasi untuk mewujudkan tujuan pembangunan nasional di tanah Papua Tengah yang kita cintai bersama ini,” kata Kasdam.

“Rakorda ini dipandang perlu untuk membahas kesiapan Pemilu, menjelang penyelenggaraan pemungutan suara, serta proses pengangkatan anggota DPR Provinsi dan DPR Kabupaten yang diangkat dari unsur OAP guna memastikan kesiapan para pemangku kepentingan dan bahan masukan dalam rangka penyempurnaan kesiapan Pemilu tahun 2024,” ungkapnya.

Check Also

Kasdam XVII/Cenderawasih Menghadiri Syukuran HUT Ke-60 Dharma Pertiwi Daerah H

Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Izak Pangemanan, M.Han yang diwakili Kasdam XVII/Cen Brigjen TNI Hariyanto beserta …