Hadiri Safari Pemilu Di Merauke, Kapoksahli Pangdam XVII/Cenderawasih : TNI Polri Harus Sinergis Dan Netral

Merauke ~ Pangdam XVII/Cenderawasih yang diwakili Kapoksahli Pangdam Brigjen TNI Achmad Fauzi, S.I.P., M.M bersama Kapolda Papua Irjen Pol. Mathius D. Fakhiri, S.I.K, Kabinda Papua dan Pj. Gubernur Papua Selatan beserta Penyelenggara Pemilu di Prov. Papua Selatan mengikuti kegiatan Safari Pemilu TNI Polri, Pemda dan Penyelenggara Pemilu Provinsi Papua Selatan Tahun 2024, bertempat di Ballroom Swiss Belhotel Merauke, Selasa, (10/10/2023) Pukul 10.00 WIT.

Dalam kegiatan ini, turut hadir Danrem 174/ATW Brigjen TNI Agus Widodo, S.I.P., M.Si., Para Kasi Korem 174/ATW Dam XVII/Cen, Danlanud J.A Dimara Merauke, Danlantamal XI Merauke, Kabagops Binda Papua, Ketua KPU Prov. Papua Selatan, Ketua Bawaslu Prov. Papua Selatan, Para Ketua DPW Partai Politik Prov. Papua Selatan, Para Ketua DPD Partai Politik Prov. Papua Selatan, Para Forkopimda Kab. Merauke, Para Forkopimda Kab. Boven Digoel, Para Forkopimda Kab. Mappi, Para Forkopimda Kab. Asmat

Mengawali kegiatan ini, Pj. Gubernur Prov. Papua Selatan diwakili oleh Sekda Prov. Papua Selatan Drs. Maddaremmeng, M.Si menyampaikan perlu dilakukan pertemuan lanjutan untuk melakukan pemetaan kebutuhan anggaran Pemilu, dukungan teknis dari Prov. Papua Selatan, Mitigasi terhadap resiko konflik yang akan terjadi.

Kemudian kegiatan dirangkai dengan paparan dari Kapolda Papua, paparan Pangdam XVII/Cenderawasih diwakili oleh Kapoksahli Pangdam, paparan Kabinda Papua dan diakhiri penandatangan Kesepakatan Bersama antara Peserta dan Penyelenggara Pemilu, serta TNI Polri di Wilayah Prov. Papua Selatan.

Usai kegiatan tersebut, digelar acara Tatap Muka Pejabat TNI Polri dan Binda Papua dengan Perwakilan Personel TNI Polri dan Binda Papua, di Aula Mako Rem 174/ATW, Selasa sore Pkl. 16.00 WIT

Saat memberikan arahannya, Kapolda Papua mengatakan Implementasi Sinergitas mulai dari Pimpinan sampai dengan prajurit paling bawah harus Solid dan Sinergi dan harus diwujudkan nyata dilapangan, serta tetap semangat menyambut penyelenggaraan Pemilu.

Sementara itu, Kapoksahli yang mewakili Pangdam menegaskan Kodam XVII/Cenderawasih siap mendukung penyelenggaraan Pemilu 2024 dan meminta kepada para Komandan Satuan untuk mengarahkan Prajuritnya agar tidak salah dalam bertindak nantinya.

“TNI Polri harus Sinergis, karena Papua adalah Barometernya Indonesia. Saling mendukung dalam mensukseskan Pemilu 2024 dikarenakan wilayah Papua masih ada beberapa yang rawan konflik dan gangguan dari KST,” jelas Kapoksahli.

“TNI Polri harus Netral tidak memihak pihak manapun dan tidak melaksanakan Politik Praktis. Tidak ada fasilitas dinas yang digunakan oleh Paslon atau pihak yang menjadi Peserta Pemilu 2024,” imbuhnya.

Check Also

Jaga Kesehatan Tubuh, Dandim Merauke Pimpin Olahraga Bersama

Merauke ~ Guna menjaga dan meningkatkan kesehatan serta kebugaran tubuh, Dandim 1707/Merauke Letkol Inf Bayu …