Home / Post / Berita / Ingin Dekat Dengan Masyarakat,  Babinsa Supiori Utara Gencar Laksanakan Komsos

Ingin Dekat Dengan Masyarakat,  Babinsa Supiori Utara Gencar Laksanakan Komsos

Jayapura – Dengan komunikasi diharapkan dapat mempererat hubungan TNI dengan rakyat, seperti yang dilakukan Personel Kodim 1708/BN Serda Petrus Siahaya anggota Koramil Supiori Utara, yang mana personel tersebut melaksanakan komsos dengan masyarakat binaannya di Desa Yenggarbun Distrik Supiori Utara, Sabtu (03/11/2018).

Kegiatan komsos merupakan refleks kepedulian seorang aparat teritorial kepada masyarakat di tengah-tengah binaannya, dan membantu tanpa pamrih. Pelaksanaan komsos tersebut merupakan kegiatan-kegiatan rutin yang dilaksanakan Babinsa untuk mengetahui perkembangan di wilayah binaannya.

Metode Komsos akan sering dilakukan oleh Babinsa disamping kegiatan-kegiatan yang lainnya,  karena Babinsa adalah ujung tombaknya satuan di lapangan, maka kegiatan Komsos yang dilaksanakan oleh Babinsa dapat di akses secara positif oleh masyarakat.

Untuk memunculkan simpati dan respon yang posistif dari masyarakat tidaklah mudah seperti membalikan telapak tangan, akan tetapi harus di barengi dengan kerja dan bukti yang nyata tentang apa yang sudah Babinsa sampaikan kepada masyarakat.

Selain itu, yang kita ketahui bahwa komsos bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi, menyamakan persepsi dan kerjasama yang erat dalam rangka mewujudkan persembahan TNI-Rakyat, dan juga untuk mendekatkan Babinsa dengan warga masyarakat guna menumbuhkan hubungan emosional antara TNI dan masyarakat dan sebagai wahana untuk melakukan pemantauan kegiatan. Disamping itu, komsos pun sebagai sarana untuk memantau di binaan,” ujarnya Serda Petrus.

Terlebih lagi bahwa sebagai seorang Babinsa terutama di daerah pedesaan, harus bisa membangun Komsos yang kuat dan berkaitan dengan masyarakat berbagai elemen untuk mewujudkan tugas-tugas utama TNI AD di Komando Kewilayahan. (Prd/Cen)

About admincen