INGINKAN MASYARAKAT SEHAT, SATGAS TNI BERIKAN PELAYANAN KESEHATAN DARI RUMAH KE RUMAH DI PERBATASAN RI-PNG

Keerom – Satgas Pamtas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista mendukung target eradikasi malaria oleh pemerintah untuk masyarakat wilayah perbatasan RI-PNG. Oleh karena itu, sebagai bentuk empati dan kepedulian atas kesehatan warga yang tinggal di wilayah perbatasan RI-PNG, tim kesehatan Satgas Pamtas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista Pos Bompay mendatangi rumah-rumah warga untuk melakukan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan di Kampung Bompay, Distrik Waris, Kabupaten Keerom, Papua, Sabtu (6/11/2021).

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista, Letkol Inf Ade Pribadi Siregar, S.E., M.Si., dalam rilisnya.

Dansatgas menyampaikan bahwa tim kesehatan Satgas Pamtas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista Pos Bompay mengadakan Pelayanan Kesehatan Keliling (Yankesling) secara langsung mendatangi rumah-rumah warga.

“Untuk pelayanan kesehatan kali ini dipimpin oleh Sertu Purzazin beserta 5 (lima) personel Pos Bompay lainnya. Melihat kondisi cuaca saat ini yang sudah memasuki musim penghujan, resiko terkena penyakit semakin tinggi. Oleh karena itu kami akan selalu berusaha memastikan warga-warga binaan seluruh jajaran Satgas mendapatkan pelayanan kesehatan yang maksimal,” ungkap Dansatgas.

“Faktor kesehatan merupakan faktor utama yang harus dijaga agar kita semua dapat beraktivitas dengan baik dan untuk warga dengan kondisi kesehatan yang baik agar selalu dapat menjaga imun dan kebugaran tubuhnya sehingga dapat terhindar dari segala macam penyakit terutama penyakit malaria,” tambah Dansatgas.

Di tempat yang sama, Danpos Bompay Satgas Pamtas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista Serka Cecep Kusuma menjelaskan bahwa pelayanan kesehatan terhadap warga rutin dilakukan untuk mengetahui dan mencegah secara dini penyakit yang diderita oleh warga sehingga bisa mencegah kondisi penyakit agar tidak menjadi lebih parah dan segera mendapatkan tindakan pengobatan medis sesegera mungkin.

“Berdasarkan survey lapangan dan hasil pemeriksaan kesehatan kali ini bahwa sebagian besar warga mengalami demam dan juga gatal-gatal pada bagian sela-sela jari kaki, maupun pada bagian punggung serta ada juga warga yang kami temui terjangkit malaria, sehingga kami segera berikan pengobatan melalui infus agar kondisi sipenderita segera membaik, hal itu terjadi mengingat udara yang lembab akibat perubahan iklim yang mempengaruhi penularan malaria,” jelas Cecep.

“Kepada masyarakat kami juga berpesan serta mengajak warga untuk selalu menjaga kesehatan secara rutin dengan rajin berolahraga, menjaga kebersihan diri dan lingkungan serta segera berobat apabila merasakan gejala sakit atau merasa tidak enak badan,” tutup Cecep.

Sementara itu salah satu warga Kampung Bompay Bapak Damias (54) mengungkapkan bahwa kegiatan tersebut sangat membantu masyarakat dan manfaatnya juga dapat langsung dirasakan oleh masyarakat terutama yang mengalami gejala sakit yang belum kunjung sembuh, salah satunya seperti malaria.

“Kami sangat senang sekali bapak-bapak TNI Pos Bompay datang ke kampung kami dan telah kasih bantu obati warga yang sakit malaria serta mau berbagi pengetahuan bagaimana cara agar bisa hidup sehat,” ucap Damias.

Otentifikasi : Pendam XVII/Cenderawasih.

Check Also

PELAKSANAAN VAKSINASI COVID-19 BIBDOKKES POLDA PAPUA TAHUN 2021 DAN BADAN INTELEJEN NEGARA (BIN) TAHAP KE-2

Supiori Utara – Sertu Agustinus Ganna dan Serda Ali Ramli melaksanakan pemantauan di wilayah Supiori …