JADI CONTOH, BABINSA TIMIKA PELOPORI KEMBANGKAN PERKEBUNAN DI MASA PANDEMI COVID-19

Timika ~ Dalam rangka mendukung program ketahanan pangan, Babinsa Koramil 1710-02/Timika Sertu Ernes Kame Kula melaksanakan kegiatan produktif pertanian berupa budidaya tanam sayuran jenis bayam, kangkung, buncis, sawi, cabe, pare dan gambas di kebun miliknya seluas 10 Ha yang bertempat di Kp.Mendame, Distrik Kwamki Narama Kab. Mimika, Sabtu (05/02/2022).

Dalam keterangannya, Sertu Kame Kula mengatakan bahwa Lahan miliknya tersebut dahulunya merupakan lahan tidur, namun dalam masa pandemi sejak 2019 lalu, kemudian mulai berinisiatif pada September 2020 untuk mengolah lahan tidur tersebut agar menjadi lahan produktif dalam rangka menyiasati lonjakan harga sayuran di masa pendemi covid-19.

“Saya berinisiatif bersama istri serta mengajak warga sekitar untuk memanfaatkan lahan yang tidur atau kosong milik saya untuk membudidayakan tanaman sayuran meliputi bayam, kangkung,buncis, sawi, cabe, pare dan gambas dengan cara tumpang sari. Harapan kami dengan menanam sayuran sendiri akan dapat mengurangi pengeluaran rumah tangga dan juga bisa untuk di jual ke pasar,” ujarnya.

“Berkat kerja kerasnya bersama masyarakat, sekarang dapat membuahkan hasil dengan meraih pendapatan 10 sampai 15 Juta perbulannya. Menurutnya, dalam mengolah lahan tersebut Ia dibantu juga oleh keluarga dan masyarakat sekitar dengan tujuan untuk memotivasi mereka dalam meningkatkan perekonomian dimasa pandemi covid 19,” tambah Sertu Ernes Kame Kula

Di tempat terpisah, Dandim 1710/Mimika Letkol Inf Yoga Cahya Prasetya mengungkapkan bahwa kegiatan yang dilakukan Babinsanya itu merupakan tidak lanjut dari perintahnya kepada para Babinsa di Koramil jajaran untuk mendukung program pemerintah dalam pemanfaatan lahan tidur atau kosong agar ditanami tanaman yang produktif seperti sayur-sayuran dan lain-lain yang bisa dikerjakan disela-sela waktu senggang.

“Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari perintah saya sebelumnya agar para Babinsa di jajaran Kodim 1710/Mimika dalam menindaklanjuti anjuran pemerintah daerah melalui gerakan berkebun untuk menggalakkan kesadaran masyarakat dalam menanam sayuran dengan harapan dapat membantu meminimalisir pengeluaran belanja sehari-hari sehingga saat harga naik tidak perlu ada kekhawatiran,” kata Dandim.

Otentifikasi : Pendam XVII Cenderawasih

Check Also

Atasi Kesulitan Warga, Babinsa Koramil 1708-06/Supiori Utara Bantu Perbaiki Jembatan

Supiori ~ Babinsa Koramil 1708-06/Supiori Utara Serka Yan Pasiga bergotong-royong besama dengan warga masyarakat memperbaiki …