Jaga Dan Lestarikan Kearifan Lokal, Babinsa Posramil Warsa Komsos Bersama Warga Penokok Sagu

Biak ~ Dalam menjaga tradisi serta ikut dalam melestarikan kearifan lokal warga binaannya, Babinsa Posramil 1708-02/Biak Utara-Warsa, Sertu Paulus Karuapi laksanakan Komsos bersama wargan saat menokok sagu secara tradisional, di Kampung Imbari, Distrik Warsa, Kabupaten Biak numfor, Papua, Kamis (11/1/2024).

Kegiatan tersebut merupakan satu proses pembuatan sagu baik dari awal hingga mendapatkan hasil yang di tokok dan di jadikan makanan tradisional (Papeda), dengan hasil remasan yang akan didiamkan dalam wadah hingga menjadi sagu untuk dikonsumsi.

Sertu Paulus Karuapi dalam kegiatan tersebut mengatakan, dirinya sebagai Babinsa perlu menjalin komunikasi sosial ke semua kalangan profesi termasuk pembuat sagu, karena semua ini merupakan bagian dari pembinaan mitra karib sehingga segala informasi akan mudah saya himpun.

“Kegiatan ini bertujuan, agar lebih dekat dan mempererat kebersamaan dengan warga binaan, serta dapat mengetahui bagaimana proses pengolahan sagu yang masih menggunakan peralatan tradisional,” kata Sertu Sertu Paulus Karuapi.

Sementara itu, Bapak Lukas Mnsiren menyampaikan kegiatan tokok sagu merupakan trsdisi turun temurun dari leluhur orang Papua, dimana hal ini merupakan budaya yang senantiasa menjadi bagian dari kita orang papua secara khusus yang ada di kepulauan Biak Numfor ini.

“Terima kasih, kiranya yang maha kuasa selalu memberikan perlindungan dan penyertaan bagi Bapak Babinsa,” ujarnya.

Otentifikasi : Pendam XVII/Cenderawasih

Check Also

Kasdam didamping Wakil Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Berbagi Kasih Di Pondok Pesantren Darul Qur’an Wadda’wah Argapura

Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Izak Pangemanan, M.Han diwakili Kasdam XVII/Cen Brigjen TNI Hariyanto beserta Ny. …