Jaga Kedaulatan Indonesia, Satgas TNI Pengamanan Pulau Terluar 26 Pulau Brass Patroli Darat Papua

Mapia – Untuk menjaga dan mengamankan wilayah Pulau terluar Indonesia, Prajurit Satgas Pamputer 26 melaksanakan kegiatan Patroli Darat di wilayah Pulau Brass, Desa Mapia, Distrik Supiori Barat, Kabupaten Supiori, Papua, Selasa (26/07/2022).

Satuan Tugas Pengamanan Pulau Terluar (Satgas Pamputer) Pulau Brass yang berada di wilayah kerja Korem 173/PVB merupakan pulau terluar paling Utara Indonesia.

Selain pulau Brass tersebut, terdapat lagi dua gugusan pulau yang berada di sekitar wilayahnya yakni Pulau Pegun dan Pulau Fanildo.

Wilayah gugusan Pulau tersebut dijaga oleh Satuan TNI yang memiliki Pos di Pulau Mapia.

Selain adanya Satgas Pamputer Marinir, Pulau Brass dan sekitarnya juga dijaga oleh Posal TNI AL, Pos Babinsa TNI AD dan Pos Polmas Kab. Supiori.

Bergerak kearah Utara menyusuri pantai, personel Satgas Pamputer yang dipimpin oleh Pelda Muh. Aly bersama 6 personel lainya melaksanakan Patroli darat.

“Kegiatan Patroli ini bertujuan untuk mengecek kondisi Pulau Brass yang memiliki luas +_ 3.09 Km dengan jumlah penduduk sebanyak 116 orang,” ucap Pelda Muh. Aly.

“Di Pulau Brass juga terdapat 1 buah Mercusuar yang kondisinya masih baik dengan fungsi utama yaitu memperingatkan kapal mengenai tempat berbahaya dan membantu navigasi kapal dalam menentukan lokasi dan arah Jarak yang kami tempuh untuk menggelilingi Pulau Brass dengan berjalan kaki yakni kurang lebih 2 jam 30 menit,” tambahnya.

Tugas pengamanan di wilayah Pulau Brass tersebut terbilang cukup berat karena berada di perairan Samudra Pasifik, memiliki laut dengan ombak besar serta sarana dan prasarana yang terbatas. Namun hal itu tidak menyurutkan personel Satgas untuk tetap melaksanakan Patroli Darat terbatas guna manjaga dan mengamankan wilayah Pulau terluar paling Utara Indonesia tersebut.

Otentifikasi : Pendam XVII/Cenderawasih.

Check Also

Kasdam didamping Wakil Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Berbagi Kasih Di Pondok Pesantren Darul Qur’an Wadda’wah Argapura

Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Izak Pangemanan, M.Han diwakili Kasdam XVII/Cen Brigjen TNI Hariyanto beserta Ny. …