Jaga Ketahanan Pangan Lokal, Babinsa Koramil 1709-02/Yapen Timur Bantu Warga Olah Sagu

Yapen ~ Guna menjaga kelestarian dan ketahanan bahan pangan lokal diwilayah binaannya, Serda David Irwan dan Serda Ruben Tandi Babinsa Koramil 1709-02/Yapen Timur Kodim 1709/Yawa, hadir membantu warga dalam mengolah sagu yang berlokasi di Kampung Raimbawi, Distrik Yapen Timur, Kabupaten Kepulauan Yapen, Papua, Kamis (2/11/2023).

Diucapkan Babinsa disela kegiatannya bahwa meskipun saat ini beras mudah didapatkan, namun masih banyak warga yang menggunakan sagu sebagai bahan pokok makanannya, karena masih sangat banyak tersedia dialam sekitar dan juga bisa menghemat biaya pengeluaran sehari-hari.

“Sebagian masyarakat masih ada yang mengolah sagu dengan cara tradisional menggunakan alat pangkur sagu, namun kali ini kami membantu mengolah sagu dengan menggunakan mesin parut sagu,” ujar Serda Ruben Tandi.

Ditambahkan Serda Ruben Tandi bahwa Indonesia sangat banyak memiliki keragaman suku, agama, ras dan adat budaya, maka keberagaman inilah yang menjadikan Indonesia kaya, baik dari ketersediaan pangan dari alam itu sendiri, maupun dari hasil budidaya masyarakat.

“Sebab itulah sudah sepantasnyalah kita semua wajib untuk melestarikan bahan pangan sagu ini, agar tetap menjadi bahan pangan pokok tradisional yang baik dan sehat bagi seluruh warga, khususnya masyarakat Papua yang ada di kampung ini,” tambahnya.

Sementara itu, Domi Worabai selaku pemilik lahan olahan sagu saat itu, mengaku sangat senang dengan kehadiran Babinsa untuk membantunya mengolah sagu tersebut.

“Kami bersama keluarga sangat berterima kasih sekali atas kehadiran Bapak Babinsa yang telah menyempatkan waktunya untuk hadir membantu pekerjaan kami mengolah sagu ditempat ini,” tutupnya.

Otentifikasi : Pendam XVII/Cenderawasih

Check Also

Perkokoh Kemanunggalan TNI Rakyat, Babinsa Koramil Biak Kota Bantu Pembangunan Gudang Gereja

Biak ~ Babinsa Koramil 1708-01/Biak Kota Serka Sampurno laksanakan kegiatan karya bakti dengan membantu pembangunan …