Home / Post / Berita / Jalin Keakraban, Babinsa Kuala Kencana Komsos Berkesinambungan

Jalin Keakraban, Babinsa Kuala Kencana Komsos Berkesinambungan

Timika  ̴  Berbagai kegiatan dapat dilakukan Babinsa terhadap desa binaannya dengan segala potensi yang ada, karena dari desa satu dengan desa yang lain pasti memiliki perbedaan baik jumlah penduduk, karakter, tingkat SDM, mata pencaharian, perekonomian dan lain-lain. Agar dapat memaksimalkan potensi desa binaan yang ada maka dibutuhkan sosok Babinsa yang mumpuni, berwawasan luas, komunikatif  sehingga dalam pelaksanaannya dapat tercapai sesuai program pemerintah.

Kedepan Babinsa dalam pelaksanaan program desa harus lebih ditingkatkan dengan istilah “jemput bola”, lebih sering ke desa dan turun lapangan, bersilaturahmi, berdiskusi sehingga dapat menangkap apa yang diharapkan dan mengetahui permasalahannya. Komunikasi sosial yang terjalin baik dengan aparat/masyarakat akan mempermudah dan memperingan dalam pelaksanaan tugas Babinsa sehingga apa yang menjadi harapan dari Komando bisa tepat sasaran.

Mengarah pada tercapainya tugas pokok tersebut, Babinsa harus dapat melaksanakan komunikasi sosial (komsos) dengan masyarakat binaannya dengan cara selalu hadir dalam setiap kegiatan warganya serta mendatangi rumah warga untuk tetap menjaga keharmonisan hubungan antara Babinsa dengan masyarakat binaannya. Salah satu contohnya seperti yang dikerjakan oleh Babinsa Kp. Pigapu Koramil 1710-03/Kuala Kencana Kopda Frengki Otniel Seubelan yang kali ini melaksakan Komsos bersama warga di Kp. Pigapu Distrik Iwaka, Kab. Mimika, Selasa (18/06/2019).

Kopda Frenky patut menjadi Babinsa tauladan karena disela-sela kesibukan dinasnya Ia selalu menyempatkan diri untuk  mendatangi dan berkomunikasi dengan seluruh elemen masyarakat, salah satunya dengan mendatangi warga guna menjalin silaturahmi dan mencari solusi apabila terdapat keluh kesah dari masyarakat setempat.

Saat dikonfirmasi, Kopda Frengky mengatakan bahwa, dirinya secara intensif melaksanakan Komunikasi Sosial dengan Warga Binaannya dalam kegiatan-kegiatan yg diselenggarakan oleh masyarakat seperti bakar batu, Kerja Bhakti maupun datang ke tempat tempat dimana masyarakat sedang berkumpul karena di tempat-tempat tersebut  mudah dan cocok untuk berkomunikasi dengan masyarakat di wilayahnya.

“Dengan kegiatan anjangsana seperti inilah kedekatan serta kebersamaan antara TNI bersama warga masyarakat dapat terjalin dengan baik sehingga sasaran kegiatan Binter dapat tercapai dengan optimal sesuai dengan tujuan yang diharapkan oleh pimpinan,” pungkasnya. (Prd/Cen)

About admincen