Jelang Detik-Detik HUT Ke-78 RI, Dandim 1715/Yahukimo Pimpin Upacara Taptu Dan Pawai Obor

Dekai ~ Ratusan personel gabungan TNI-Polri, ASN Pemerintah Kabupaten Yahukimo, anggota pramuka dan para pelajar mengikuti pelaksanaan Upacara Penetapan Waktu (Taptu) dan Pawai Obor yang berlangsung pada Rabu (16/8) sore, bertempat di Halaman Asrama Koramil Dekai, Distrik Dekai, Kab. Yahukimo.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Komandan Kodim 1715/Yahukimo Letkol Inf Tommy Yudistyo yang turut dihadiri oleh para unsur Forkopimda, diantaranya Bupati Kab. Yahukimo Didimus Yahuli, S.H., Ketua DPRD Yahukimo Yosias Mirin, Plh. Sekda Kab Yahukimo Suhayatno, S.H., Kabag Ops Polres Yahukimo AKP Alwi Wairoy dan para pimpinan SKPD lingkup Pemkab Yahukimo.

Pelaksanaan Upacara Taptu dan Pawai Obor tersebut merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan dalam rangka memperingati detik-detik HUT Kemerdekaan Republik Indonesia di Kabupaten Yahukimo.

Pada kesempatannya, Dandim menuturkan bahwa upacara Taptu merupakan salah satu sarana untuk memaknai diri sendiri sebagai wujud kerja keras dalam mempertahankan kemerdekaan hasil perjuangan para pahlawan terdahulu, sekaligus untuk mengenang jasa para pahlawan yang bekerja keras berjuang demi Kemerdekaan Bangsa Indonesia.

“Melalui kegiatan ini diharapkan dapat menggerakkan para generasi muda untuk ikut mengisi kemerdekaan dengan tetap menjaga keutuhan NKRI dan memahami setiap makna kemerdekaan bangsa yang telah diraih,” ujar Dandim.

Pihaknya juga menyampaikan apresiasi atas partisipasi dan semangat yang ditunjukkan oleh para peserta dalam mengikuti kegiatan tersebut.

“Mari kita ciptakan momen yang berarti dalam perayaan HUT Kemerdekaan RI tahun ini. Saya juga berharap agar semangat kebersamaan dan persatuan tetap terjaga dalam menjaga keutuhan Indonesia pada umumnya dan menjaga kedamaian serta keamanan di wilayah Yahukimo pada khususnya,” pungkasnya.

Setelah pelaksanaan upacara Taptu, Dandim lantas menyalakan obor perdana kepada perwakilan obor dan melepas peserta pawai.

Arak-arakan Pawai Obor yang diiringi lagu-lagu perjuangan, dengan rute keluar dari Asrama Koramil Dekai Jalan Jenderal Sudirman menuju depan Rumah Sakit Dekai, Jam Kota dan kembali finish di lokasi yang sama.

Check Also

Atasi Kesulitan Warga, Babinsa Koramil 1708-06/Supiori Utara Bantu Perbaiki Jembatan

Supiori ~ Babinsa Koramil 1708-06/Supiori Utara Serka Yan Pasiga bergotong-royong besama dengan warga masyarakat memperbaiki …