Home / Post / Berita / Kasrem 174/ATW Pimpin Upacara Hari Ibu Ke-90 Tahun 2018

Kasrem 174/ATW Pimpin Upacara Hari Ibu Ke-90 Tahun 2018

Jayapura – Pada upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Ibu ke-90 Tahun 2018 Kasrem 174/ATW Kolonel Kav Ketut Adi Suasta Putra pimpin upacara bendera sebagai Inspektur upacara, bertempat di lapangan Makodim 1707/Merauke Jln. Raya Mandala, Merauke Sabtu (22/12/18).

Sebanyak ±120 personel gabungan TNI AD jajaran Korem 174/ATW turut mengikuti upacara Hari Ibu ke-90 Tahun 2018. Turut hadir pula Dandim 1707/Merauke Letkol Inf Eka Ganta Chandra,  S.I.P., Para Dansat dan Kabalag Disjand Jajaran Korem 174/ATW serta Ibu-ibu Persit Kartika Chandra Kirana jajaran Koorcab Rem 174.

Peringatan hari Ibu ditujukan untuk mengenang para pahlawan wanita atau para srikandi besar yang ikut berjuang dan ikut andil besar serta terlibat dalam upaya bangsa kita melepaskan diri dari para penjajah.

Pada pelaksanaan upacara tersebut juga dibacakan sejarah Hari Ibu yang dibacakan oleh PNS Ika Nur Arifah.

Dalam sambutan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia yang dibacakan oleh Kasrem 174/ATW Kolonel Kav Ketut Adi Suasta Putra selaku Inspektur upacara menyampaikan bahwa, hari ibu Indonesia lahir dari pergerakan kebangsaan kemerdekaan, peran perempuan Indonesia menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dalam perjuangan panjang bangsa ini untuk meraih kemerdekaan.

Keterlibatan perempuan dibuktikan melalui konggres perempuan pertama 22 Desember 1928 di Yogyakarta yang telah mengukuhkan semangat dan tekat bersama untuk mendorong kemerdekaan Indonesia.

Hakekat peringatan Hari Ibu setiap tahunnya adalah mengingatkan seluruh rakyat Indonesia, terutama generasi muda akan arti dan makna Hari Ibu sebagai sebuah momentum kebangkitan bangsa yang tidak dapat dipisahkan dari sejarah perjuangan bangsa Indonesia.

Perempuan Indonesia masa kini adalah perempuan yang sadar dan memahami memiliki hak dan kewajiban yang sama dengan laki-laki. Perempuan dan laki-laki, keduanya adalah “Partnership” sekaligus sumber daya insani yang menentukan keberhasilan pembangunan nasional.

Bertepatan dengan peringatan Hari Ibu ke-90 Tahun 2018 ini telah diusung tema “Bersama Meningkatkan Peran Perempuan dan Laki-laki Dalam Membangun Ketahanan Keluarga, Untuk Kesejahteraan Bangsa”. Ketahanan keluarga sekaligus menjadi pondasi dalam menerapkan kehidupan yang harmonis, damai dan religius.

Untuk itu, dengan terselenggaranya peringatan Hari Ibu ke-90 Tahun 2018 Saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada organisasi perempuan yaitu : Oase, Konggres Wanita Indonesia, PKK, Dharma Pertiwi, Dharma Wanita, Persit Kartika Chandra Kirana, Jala Senastri, Pia Ardhya Garini dan Bayangkari serta mitra kerja lainnya yang selalu bersama-sama terlibat dalam penyelenggaraan Hari Ibu.

 

Diharapkan, peringatan Hari Ibu ke-90 Tahun 2018 ini dapat mendorong terciptanya kesetaraan perempuan dan laki-laki dalam setiap aspek kehidupan. (Prd/Cen)

About admincen