Home / Post / Berita / Kebersamaan TNI dan Petani Wujudkan Swasembada Pangan

Kebersamaan TNI dan Petani Wujudkan Swasembada Pangan

Timika  ̴  Tanam Padi memang hal yang sangat dinanti atau ditunggu oleh seorang petani setelah selesai melaksanakan Panen, seperti halnya kelompok Tani Werene di Sp.7 Distrik Iwaka Kab. Mimika yang sedang melaksanakan tanam padi bersama dengan Kodim 1710/Mimika yang diikuti oleh para Babinsa dibawah pimpinan Lettu Inf Akhmad Zaini (Pasiter Kodim 1710/Mimika), Selasa (29/01/2019).

Saat dikonfirmasi, salah satu anggota kelompok tani (Bpk. Samsul Bahri) menyampaikan, bahwa  dirinya sangat senang disamping mendatangkan penyuluh dari Distanbun Kab. Mimika Babinsa juga terjun langsung membantu para petani serta memberikan penyuluhan dan bimbingan dalam bertani.

“Dengan adanya pendampingan dari para Babinsa hasil panen tahun ini cukup bagus, sehingga kami lebih bersemangat lagi menanam padi saat ini. Dengan adanya peningkatan hasil pertanian maka kesejahteraan para petani otomatis lebih baik”, ujar bapak Samsul.

Disamping itu dia juga berharap hal ini bisa terus dilakukan oleh Babinsa sehingga para petani bisa ikut menciptakan dan mensukseskan swasembada pangan secara nasional, agar warga masyarakat tidak sampai kekurangan pangan.

Babinsa Kampung Naina Mukti Pura (Serma Tori Suwandi) juga mengatakan, sebagai seorang Babinsa dirinya senantiasa mengajak kepada petani supaya segera melaksanakan pengolahan tanah untuk masa tanam kali ini, sehingga diharapkan sawah dapat segera ditanami kembali.

Lettu Inf Akhmad Zaini mangatakan, “Upaya untuk mewujudkan swasembada pangan Babinsa diterjunkan langsung mendampingi para petani, mulai dari pengolahan lahan, masa tanam, perawatan, pemupukan, pengairan sampai dengan panen. Sehingga sekarang ini petani dapat menghasilkan padi yang cukup baik walaupun ada kendala disana sini tetapi dengan kesabaran dan berusaha semua dapat diatasi”, ungkapnya.

“Untuk itu diharapkan petani juga bisa ikut mensukseskan program swasembada pangan yang dicanangkan oleh pemerintah sehingga nantinya pemerintah tidak lagi mengimpor beras dari negara lain. Mengingat di negara kita sendiri masih cukup dan mampu mewujudkan swasembada pangan”, pungkas Pasiter. (Prd/Cen)

About admincen