Kedepankan Komunikasi, Satgas Yonif 143/TWEJ Dengarkan Dan Bantu Warga Pedalaman Papua

Keerom ~ Kepedulian terhadap kondisi masyarakat di wilayah perbatasan RI-PNG ditunjukkan oleh Satgas Pamtas Yonif 143/TWEJ Pos KM 140 dengan mendatangi langsung rumah warga untuk melihat dan mendengarkan secara langsung aspirasi masyarakat di Kampung Monggoefi, Distrik Yaffi, Kab. Keerom, Papua, Senin (12/6/2023).

Demikian diungkapkan Dankipur II Satgas Yonif 143/TWEJ Lettu Inf Supriyono dalam keterangannya.

“Sebagai bentuk perhatian kepada masyarakat Satgas mengadakan kunjungan ke pemukiman warga guna mengetahui situasi dan kondisi warga, sebagaimana kita ketahui kampung ini terletak di daerah terpencil yang jauh dari akses lalulintas,” ungkapnya.

Kegiatan yang dipimpin oleh Sertu M. Reza Wibisana selaku Danpos KM 140 Satgas Yonif 143/TWEJ mengunjungi Kampung Monggoefi yang merupakan bagian dari Distrik Yaffi Kab. Keerom guna mengajak bicara untuk mengetahui kondisi warga.

“Personel kami menemukan berbagai macam keluhan yang dialami masyarakat seperti penyakit demam, batuk, flu, sakit kepala, sakit pinggang, bekas luka dan gatal-gatal pada kulit,” tambah Dankipur II.

Pada kesempatan ini, Satgas langsung memberikan berbagai macam bantuan untuk masyarakat diantaranya bantuan layanan pengobatan, bahan makanan, alat tulis dan pakaian.

“Jauhnya akses menuju kampung dan minimnya fasilitas umum membuat warga mengalami keterbatasan terutama masalah kesehatan, hal ini mengetuk Satgas untuk melayani pengobatan warga serta memberi bantuan yang diperlukan warga,” pungkas Dankipur II.

Sementara itu, Kepala Adat Kampung Monggoefi Bapak Demianus Onangge (59) yang turut hadir dalam kegiatan tersebut mengapresiasi langkah yang dilakukan personel Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 143/TWEJ. Pihaknya mengaku sangat terbantu dengan kehadiran TNI yang selalu hadir dan memberikan bantuan yang diperlukan masyarakat.

“Kami warga Kampung Monggoefi mengucapkan terimakasih atas kepedulian TNI, ini sangat membantu warga kami yang sakit dan butuh penanganan medis karena untuk berobat ke Puskesmas lokasinya jauh,” ungkap Bapak Demianus.

“Warga dan anak-anakpun merasa senang mendapat bantuan pakaian dan peralatan tulis menulis, sekali lagi terimakasih TNI semoga Tuhan memberkati,” imbuhnya.

Otentifikasi : Pendam XVII/Cenderawasih

Check Also

Sambut HUT Ke-61, Kodam XVII/Cenderawasih Gelar Karya Bakti Bersihkan Sampah Pasar Youtefa

Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-61 Kodam XVII/Cenderawasih ke-61, sejumlah kegiatan dilaksanakan termasuk …