Kehadiran TNI Disambut Bakar Batu Masyarakat Sinak Puncak

Masyarakat Papua Tengah, khususnya di Sinak Kab. Puncak menyambut gembira kehadiran Pos TNI dengan menggelar Bakar Batu sebagai wujud syukur atas akan dibangunnya Pos TNI oleh Markas Besar Tentara Nasional Indonesia (Mabes TNI). Hal ini lah yang menyatukan TNI dan Masyarakat ditandai dengan Tradisi Bakar Batu di lokasi rencana pembangunan Prototype Pos Pengamanan Tersebut.

Terkait kegiatan tersebut, Satgas Yonif 751/VJS membantu kelancaran acara Tradisi Bakar Batu, bertempat di Distrik Sinak, Kabupaten Puncak, Provinsi Papua Tengah, Jumat (23/02/2024)

Tradisi Bakar Batu merupakan wujud ungkapan Rasa syukur masyarakat Pribumi di Distrik Sinak dan ucapan selamat datang kepada personel TNI yang akan membangun Gudang Logistik bagi masyarakat wilayah Sinak. Bakar Batu ini adalah tradisi memasak dalam jumlah besar dengan cara menggunakan batu dibakar yang turun temurun dilakukan di Papua.

Turut hadir Letkol Czi Dendi Rahmat selaku Wadan Satfaskon Denma Mabes TNI, Pabandya 1 Konstruksi Slog Mabes TNI Letkol Czi Budiono, Mayor Inf Erwan Harliantoro selaku Dansatgas Yonif 751/VJS, Danramil Koramil 02/Sinak Letda Inf Soleman, Letda Inf Heri Setiawan selaku Danpos IV Pos Sinak serta Bapak Weni Wanimbo selaku Kepala Desa Gigobak II.

“Tradisi Bakar batu biasanya dilaksanakan saat akan ada peristiwa penting. Kali ini dilaksanakan sebagai bentuk persetujuan dan dukungan masyarakat atas dimulainya pembangunan Pos baru oleh Mabes TNI,” terang Dansatgas Yonif 751/VJS.

“Selain fokus melaksanakan pengamanan pembangunan Gudang Logistik BNPB, Satgas Yonif 751/VJS juga gencar melaksanakan kegiatan sosial untuk mempererat hubungan baik dengan masyarakat, agar tetap tercipta situasi yang kondusif,” tutup Mayor Inf Erwan Harliantoro.

Check Also

Babinsa Koramil 1710-07/Mapurujaya Jaga Hubungan Dengan Masyarakat Melalui Komsos

Timika ~ Kondisi wilayah binaan merupakan tanggung jawab Babinsa selaku aparat kewilayahan dan untuk mengantisipasi …