Kembalikan Kejayaan Kakao Di Papua, Pangdam XVII/Cenderawasih Launching Pembangunan Sentra Industri Kakao Di Jayapura

Namblong – Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Muhammad Saleh Mustafa bersama Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Daerah XVII/Cenderawasih Ny. Ziska Muhammad Saleh Mustafa dan rombongan melaksanakan Launching Pembangunan Sentra Industri Kakao di Kampung Hanggai Hamong, Distrik Namblong, Kabupaten Jayapura, Rabu (19/10/2022).

Demikian disampaikan Kapendam XVII/Cenderawasih Kolonel Kav Herman Taryaman, S.I.P., M.H. dalam keterangannya.

Kapendam mengatakan bahwa kegiatan tersebut diawali peletakan batu pertama Tugu Kakao, dilanjutkan Launching Pembangunan Sentra Industri Kakao.

“Hal ini merupakan tekad Bapak Pangdam XVII/Cenderawasih untuk mengembalikan kejayaan Kakao di Papua dan kali ini dimulai di wilayah Jayapura dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat di wilayah Papua”, ungkap Kapendam XVII/Cenderawasih.

Mengawali sambutannya, Pangdam XVII/Cenderawasih menyampaikan Sentra Industri Kakao tersebut dapat berhasil dan bisa menjadi kebanggaan masyarakat Papua.

“Dengan kebersamaan dan kekompakan harus dibangun agar kita dapat mendapatkan kesehjateraan dari hasil yang kita lakukan sekarang ini”, kata Mayjen TNI Muhammad Saleh Mustafa.

“Kita semua harus bisa menjaga alam agar kita bisa mendapatkan berkat dari alam yang telah kita jaga. Oleh karenanya, saya meminta kepada Para Babinsa untuk mengawal kegiatan ini, karena tanaman Kakao ada masa-masa yang kritis. Berarti harus dijaga yang mewarnai dan menyemangati sehingga tercipta kebersamaan dari suatu ikatan adat yang menjadi nilai tambah menjadi kesejahteraan. Kodam beserta Jajarannya akan selalu bekerjasama dengan Pemda Kab Jayapura untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” tambah Pangdam XVII/Cenderawasih.

Di tempat yang sama, Bapak Bupati Jayapura Mathius Awoitouw, S.E., M.Si juga menyampaikan bahwa kegiatan tersebut sangat luar biasa karena dapat langsung menuju ke Kampung Hanggai Hamong yang akan dijadikan penghasil tanaman Kakao yang berada di Kab. Jayapura.

“Ini membuktikan bahwa TNI benar-benar Manunggal dengan Rakyat. Untuk proyek yang kita laksanakan ini sudah ada MoU dengan Kodam XVII/Cendrawasih sehingga Babinsa yang berada di Kampung-kampung dapat bersinergi dengan petani”, jelas Bupati.

“Tujuan kita semua untuk menyejahterakan masyarakat Papua dan masyarakat adat tanah Tabi. MoU kerja sama Kodam XVII/Cenderawasih dengan Pemda Kab. Jayapura di tempat ini sudah dilaksanakan dari tahun 2020 dan sempat berhenti lama karena adanya Covid-19 dan penyelenggaraaan PON XX, namun hari ini kita laksanakan Lounching dengan tujuan menyejahterakan rakyat.”

“Selang waktu yang cukup lama dalam proses penanaman Kakao oleh Badan Usaha Milik Adat (BUMA) namanya, nantinya akan melanjutkan pembangunan sentra Industri Kakao ini.”

“Kami masyarakat di Papua tidak sendiri, kami bersama dengan TNI yang selalu mendukung masyarakat di tanah Papua ini”, tutup Bupati.

Khidmat kegiatan, dilanjutkan penanaman bibit pohon Kakao, pemanenan buah jagung, dan pemberian Sembako kepada warga.

Hadir dalam acara tersebut Kasdam XVII/Cenderawasih Brigjen TNI R. Sidharta Wisnu Graha, S.E., Irdam XVII/Cenderawasih Brigjen TNI Agus Supriyo Winarno, S.Sos., Kapoksahli Pangdam XVII/Cenderawasih Brigjen TNI Danang Wiranta, Danrem 172/PWY Brigjen TNI J.O Sembiring, Danlanud Silas Papare, Danrindam XVII/Cenderawasih, Para Asisten Kasdam XVII/Cenderawasih, Para Kabalakdam XVII/Cenderawasih, dan para tokoh masyarakat.

Otentifikasi : Pendam XVII/Cenderawasih.

Check Also

Jaga Kesehatan Tubuh, Dandim Merauke Pimpin Olahraga Bersama

Merauke ~ Guna menjaga dan meningkatkan kesehatan serta kebugaran tubuh, Dandim 1707/Merauke Letkol Inf Bayu …