Kenali, Dekati dan Layani Masyarakat. Pesan Pangdam XVII/Cenderawasih kepada Prajurit dalam kunjungannya ke Korem 174/ATW

Merauke ~ Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Izak Pangemanan, M.Han., didampingi Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Daerah XVII/Cenderawasih Ny. Juliet Izak Pangemanan beserta rombongan melaksanakan kunjungan kerja ke Makorem 174/ATW bertempat di Jalan Poros Semangga-Tanah Miring, Kampung Yasamulya SP 2, Distrik Tanah Miring, Kab. Merauke, Prov. Papua Selatan.

Disambut oleh Danrem 174/ATW Brigjen TNI Agus Widodo, S.I.P., M.Si., didampingi Ny. Ane Agus Widodo selaku Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Koorcab Rem 174, Kepala Staf, Para Kasi Korem, Dansat/Kabalak jajaran Korem 174/ATW serta Pengurus Persit Kartika Candra Kirana Koorcab Rem 174 hingga seluruh prajurit yang berada di jajaran Korem 174/ATW. Rabu (7/6/2023)

Demikian disampaikan Kapendam XVII/Cenderawasih Kolonel Kav Herman Taryaman, S.I.P., M.H dalam keterangan tertulisnya.

“Kedatangan Mayjen TNI Izak Pangemanan, M.Han di Korem 174/ATW dalam rangka kunjungan kerja perdana untuk bertatap muka dan memberikan pengarahan kepada para Prajurit dan PNS TNI serta Ibu-ibu Persit yang berada di jajaran Korem 174/ATW.”

Setibanya di Makorem 174/ATW, Pangdam XVII/Cenderawasih menerima laporan dari Danrem 174/ATW, dilanjutkan pemasangan Mahkota, Cawat, Noken, dan Hand Bouquet kepada Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Izak Pangemanan, M.Han., dan Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Daerah XVII/Cenderawasih Ny. Juliet Izak Pangemanan selanjutnya menuju Makorem 174/ATW diiringi tarian adat oleh prajurit Yonif 757/GV.

Diawal kegiatannya, Pangdam XVII/Cenderawasih memberikan pengarahan kepada para Prajurit TNI dan PNS serta Ibu-ibu Persit yang berada di jajaran Korem 174/ATW. Dengan adanya pergantian Pangdam XVII/Cenderawasih perlu dilaksanakan kunjungan kerja ke satuan bawah untuk menyampaikan tentang kebijakan-kebijakan Saya sebagai Pangdam XVII/Cenderawasih yang baru.

“Merauke bukan tempat yang asing bagi Saya karena dulu saya pernah melaksanakan tugas di wilayah Papua Selatan. Saat ini kita patut bangga dan bersyukur karena saat ini Merauke sudah jauh berbeda dengan dulu, sekarang Merauke sudah menjadi salah satu daerah yang paling kondusif di wilayah Papua, sehingga bisa dijadikan percontohan untuk daerah lain agar menjadi lebih baik,” pungkas Pangdam XVII/Cenderawasih.

“Permasalahan di Papua khususnya di daerah konflik ini, kita masih harus bekerja keras, dalam mensukseskan program-program pemerintah dalam percepatan pembangunan di wilayah Papua. Mari kita bersama-sama membangun Papua dengan hati dan komunikasi yang baik, bukan lagi jamannya dengan menggunakan kekerasan.”

“Papua saat ini sedang membangun, Papua mempunyai wilayah yang luas dan beberapa daerah yang masih dalam keadaan konflik dimana masih terjadi kontak tembak antara Aparat Penegak Hukum (Polri dan TNI) dengan kelompok separatis Teroris, dalam rangka penegakan hukum, hal ini bukan menjadi gambaran atau mewakili Papua secara keseluruhan tetapi hanya sebagian kecil saja dan berada di daerah-daerah tertentu. Pembangunan jalan infrastruktur merupakan faktor penting dalam penanganan kesenjangan sosial ekonomi di Papua, oleh karena itu saat ini pemerintah sedang berupaya membangun dan membuka akses jalan darat yang menghubungkan antar wilayah Kabupaten, sehingga pendistribusian barang dan jasa dapat merata diseluruh wilayah Papua,” imbuh Mayjen TNI Izak Pangemanan.

Lebih lanjut, lakukan kerjasama dan jaga sinergitas dengan rekan rekan kita dari Polri, karena Polri adalah rekan/mitra seperjuangan kita sampai diwilayah pelosok. Hargai adat istiadat di Papua, kenali, datangi, dan layani Masyarakat. Hal utama yang harus digarisbawahi dan dipedomani bersama yaitu tentang ketaqwaan juga pemahaman terhadap permasalahan di Papua.

“Kepada para Prajurit TNI dan PNS serta Ibu-ibu Persit yang berada di jajaran Korem 174/ATW, yang harus kita samakan yaitu masalah keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Beribadahlah dengan keyakinan masing-masing serta saling menghormati, karena keimanan, itu merupakan garis antara kita dengan Tuhan. Tiap orang punya keyakinan masing-masing dan yang dibutuhkan saling menghormati. Amalkan ajaran agama yang baik, sehingga ibadah kita itu sejalan dengan ajaran agama yang kita yakini”

“Keimanan ini selalu muncul dalam setiap kebijakan Kasad, kebijakan Panglima TNI, semua itu akan memacu dari keimanan. Dasar negara kita pun mengangkat itu dari yang pertama yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa, karena ini sebagai landasan dari Pancasila,” tambah Mayjen TNI Izak Pangemanan.

Sebentar lagi kita akan memasuki tahun politik, dan kebijakan yang ada dan masih berlaku sampai dengan saat ini adalah Netralitas. Kita tidak boleh berpolitik ataupun memihak dan mendukung Parpol ataupun hal-hal yang berbau politik praktis. Agar bijak dalam bermedia sosial, jangan sampai kita bermasalah karena penggunaan media sosial yang tidak bijak,” harap Pangdam XVII/Cenderawasih.

Usai memberikan pengarahan Pangdam XVII/Cenderawasih di dampingi Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Daerah XVII/Cenderawasih mengisi pesan dan kesan dan dilanjutkan dengan penanaman pohon Matoa di belakang Aula L.B Moerdani.

Otentifikasi : Pendam XVII/Cenderawasih.

Check Also

Komsos Jadi Media Babinsa Koramil 1709-03/ Waropen Bawah Dekat Dengan Warganya

Waropen ~ Komunikasi sosial merupakan salah satu media Babinsa untuk mengenal warganya lebih dekat dan …