Home / Post / Berita / Kepedulian Pos Ubrub Satgas 509 Membantu Penyiapan Acara Adat

Kepedulian Pos Ubrub Satgas 509 Membantu Penyiapan Acara Adat

Sebagai bentuk kepedulian terhadap kegiatan warga di tapal batas, Satuan Tugas (Satgas) Pengamanan Perbatasan (Pamtas) RI-PNG Yonif Raider 509 Kostrad Pos Ubrub, bantu warga dalam menyiapkan tempat Acara Adat yang dilaksanakan di Kp.Umuaf, Distrik Web, Kab.Keerom. Jumat (10/7).

Danpos Ubrub, Kapten Inf Abdul Katrup mengatakan bahwa kegiatan tersebut dipimpin oleh sertu kasmirudin beserta 6 orang anggota, dalam rangka menyiapkan tempat untuk acara adat Penyembuhan warga yang sakit menahun.
“Acara penyembuhan ini secara khusus akan dilakukan oleh para orang tua adat/para ketua suku keret diantaranya Suku Debem, Tuu, Wally, Mofon, Pray dan Abray, kegiatannya berupa tarian adat leher panjang dan tarian ikat kepala, bertujuan untuk mengusir Roh jahat yang sedang mengganggu warga sehingga mengalami sakit yang cukup lama dan tidak sembuh diobati secara medis,” tambah Katrup

Lebih lanjut dikatakan, untuk memperlancar kegiatan tersebut. Personel pos ubrub mendatangi tempat acara yang berada disekitar pos.
“Anggota Satgas turut hadir dan membantu memperlancar acara tersebut”, tutur Danpos.

“Kegiatan seperti ini, merupakan bentuk kepedulian dan upaya TNI (Satgas) untuk senantiasa mendekatkan diri dengan masyarakat perbatasan, sehingga terwujud hubungan yang harmonis dan komunikasi yang baik”, imbuhnya.

Dalam kesempatan tersebut, Katrup atas nama Satgas menyampaikan rasa simpati kepada keluarga yang sakit sampai saat ini belum juga sembuh dan mendoakan semoga yang bersangkutan lekas sembuh setelah diadakan acara ini.

Sementara itu bapak Wiliam Debem (50) Ketua Suku Debem Kp.Umuaf mengucapkan terima kasih atas kepedulian dan bantuan yang diberikan oleh anggota Satgas Pos Ubrub dalam penyiapan acara tersebut.

“Terima kasih kepada bapak-bapak TNI, atas kepedulian Satgas sudah peduli dan turut membantu dalam penyiapan acara tersebut,” tuturnya

About admincen