Kepedulian Satgas Yonif 310/KK Bersama Warga Benahi Jalan Rusak Di Perbatasan RI-PNG

Pegunungan Bintang ~ Wujud dari implementasi perintah harian Bapak Kasad Jendral TNI Dr. H. Dudung Abdurrachman S.E, M.M, yang ke-5 yaitu “TNI AD harus hadir ditengah kesulitan masyarakat dan senantiasa menjadi solusi”, Pos Batom Satgas Pamtas Statis RI-PNG Yonif 310/Kidang Kancana dibawah naungan Kolakopsren 172/PWY bersama warga bergotong-royong perbaiki jalan rusak sejauh 300 M di Kampung Batom 2, Distrik Batom, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua Pegunungan, Selasa (17/10/2023).

Hal tersebut dikatakan Dansatgas Yonif 310/KK Letkol Inf Andrik Fachrizal dalam keterangan.

Dansatgas menjelaskan bahwa kegiatan tersebut merupakan salah satu wujud dari Bhakti TNI Satgas Pamtas Yonif 310/KK di bumi Cendrawasih, sehingga dapat membantu mengatasi kendala atau kesulitan masyarakat Kampung Batom 2. Salah satunya yaitu dengan memperbaiki akses jalan di perkampungan sehingga manfaat dari kegiatan perbaikan jalan tersebut dapat dirasakan langsung oleh masyarakat.

“Diharapkan melalui kegiatan ini kehadiran prajurit Kidang Kancana benar-benar menyentuh hati masyarakat, khususnya masyarakat di Kampung Batom 2. Sehingga tugas yang diamanatkan negara kepada Satgas Pamtas Yonif 310/KK dapat terlaksana dengan sebaik-baiknya,” jelas Letkol Inf Andrik Fachrizal.

Lebih lanjut, Danpos Batom Letda Inf Eko Effendy menjelaskan kondisi awal jalan kampung tersebut adalah jalan tanah, dimana jika terjadi hujan maka banyak genangan air yang mengakibatkan jalan menjadi becek dan berlumpur. Sebelum pelaksanaan perbaikan jalan, pihaknya bersama warga mengumpulkan batu dan kerikil yang berasal dari Sungai Armase yang jauhnya lebih kurang 500 M dari Kampung Batom 2.

“Proses perbaikan jalan ini dimulai dengan menyusun batu. Setelah batu tertata, lalu ditutup oleh kerikil agar jalan tertutup lebih sempurna,” jelas Danpos.

“Butuh satu hari penuh untuk perbaikan jalan ini, alhamdulillah berkat gotong-royong bersama warga kami dapat meyelesaikan perbaikan jalan sejauh 300 M,” tambahnya.

Sementara itu, Bapak Keletus (44) tokoh masyarakat Kampung Batom mengungkapkan rasa terima kasihnya, berkat dorongan dan dukungan personil Satgas Yonif 310/KK perbaikan jalan dapat terlaksana.

“Kami ucapkan terima kasih banyak kepada Bapak TNI, sudah bantu perbaiki jalan perkampungan kami. Hal ini sangat membantu sekali terutama masyarakat yang setiap hari menggunakan jalan. Karena jalan ini merupakan akses utama warga dalam melakukan aktifitas,” ungkapnya.

Otentifikasi : Pendam XVII/Cenderawasih

Check Also

Atasi Kesulitan Warga, Babinsa Koramil 1708-06/Supiori Utara Bantu Perbaiki Jembatan

Supiori ~ Babinsa Koramil 1708-06/Supiori Utara Serka Yan Pasiga bergotong-royong besama dengan warga masyarakat memperbaiki …