Ketika Danrem 173/PVB Apresiasi Grebek Sampah

Brigjen TNI Franz Yohanes Purba, S.I.P., M.M (Danrem 173/PVB) mengapresiasi langkah daj upaya Komandan Kodim 1708/BN yang berkolaborasi dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Biak Numfor, TNI-Polri, BUMN, Perusahaan Swasta, pelajar, komunitas, Tokoh Adat dan Agama serta Paguyuban yang ada di Kota Biak Numfor, melaksanakan kegiatan Pencanangan Grebek Sampah dengan tema “Jaga Biak Asik Tanpa Sampah Plastik” bertempat di Gedung Sasana Krida Kantor Bupati Biak Numfor, Jln. Majapahit, Distrik Samofa, Kabupaten Biak Numfor, Sabtu (27/1/2024).

Hadir dalam kegiatan ini, Marsma TNI Sigit Gatot Prasetyo, M.M.O.A.S (Dankosek III), Kolonel Kal Andi Muharram, S.Sos. (Aspotdirga Kaskoopsud III), Calvin Mansnembra, S.E., MBA (Wakil Bupati Biak Numfor), Forum Komunitas, Ketua Paguyuban, BUMN dan Swasta, serta Tokoh Adat, Tokoh Agama, dan Tokoh Masyarakat.

Mengawali kegiatan ini, Brigjen TNI Franz Yohanes Purba, S.I.P., M.M (Danrem 173/PVB) menyampaikan senang dan bangga dengan program Grebek Sampah sebagai bentuk komitmen bersama dalam rangka menjaga kebersihan lingkungan dan mewujudkan wilayah yang bersih serta aman.

“Terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi. Ini adalah bukti nyata bahwa kesadaran akan pentingnya menjaga kebersihan sudah merasuk dalam setiap lapisan masyarakat,” tegas Danrem.

“Kegiatan ini bukan hanya membersihkan sampah tetapi juga membangun kesadaran bahwa lingkungan yang bersih adalah tanggung jawab bersama dalam menjaga kebersihan lingkungan, tidak hanya hari ini saja akan tetapi berlangsung terus-menerus sampai jaga waktu yang tidak terbatas.”

“Mari kita semua untuk menjadikan kegiatan ini sebagai tonggak awal bagi perubahan pola pikir dan perilaku terhadap sampah, mari kita tinggalkan kebiasaan tidak peduli terhadap lingkungan dan beralih kepada kebiasaan yang lebih ramah lingkungan.”

“Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Pemerintah Daerah Biak Numfor, Dinas Lingkungan Hidup yang telah berkolaborasi dengan Dandim 1708/BN dan para komunitas serta seluruh pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan kegiatan ini, semoga kebersihan dan keindahan Kabupaten Biak Numfor terus terjaga dan menjadi contoh bagi daerah lain,” ucap Danrem.

Di tempat yang sama Bapak Calvin Mansnembra SE., MBA (Wakil Bupati Biak Numfor) mengatakan program tersebut harus memberikan edukasi dan sosialisasi kepada seluruh lapisan masyarakat bahwa kebersihan adalah kebutuhan hidup, Kabupaten Biak Numfor harus aktif melakukan itu semua agar masyarakat sadar tentang kebersihan lingkungan dan bagaimana mengelola sampahnya sendiri.

“Atas nama Pemerintah Daerah mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan kegiatan ini dan mengajak semua masyarakat untuk menjaga kebersihan di Kabupaten Biak Numfor,” ucapnya.

“Kita mendapatkan penerimaan penghargaan Adipura sudah 6 kali untuk Kabupaten Biak Numfor namun semua itu tidak cukup, sehingga mari kita terus menyebarkan isu tentang kebersihan di Kabupaten Biak Numfor,” kata Wakil Bupati Biak Numfor.

Kegiatan Grebek Sampah (Biak Asik Tanpa Sampah Plastik) yang diinisiator dan dikoordinir oleh Komandan Kodim 1708/BN bekerja sama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Biak Numfor merupakan bentuk implementasi sinergitas TNI bersama Rakyat sema dengan arahan Kasad “TNI AD Bersama Rakyat bersatu dengan alam untuk NKRI” dan juga mendorong kepedulian masyarakat terhadap lingkungan hidup, serta mendorong partisipasi aktif masyarakat dalam menjaga keindahan alam Kabupaten Biak Numfor.

Check Also

Karya Bakti Dan Bakti Sosial Rindam Dalam Rangka HUT Ke-61 Kodam XVII/Cenderawasih

Sentani – Sebagai satuan yang berkedudukan di bawah, maka Rindam XVII/Cen ikut berpartisipasi dalam rangka …