Kodam XVII/Cenderawasih Gelar Sosialisasi Netralitas TNI AD Pada Pemilu 2024

Jayapura ~ Pangdam XVII/Cenderawasih yang diwakili Kepala Staf Kodam (Kasdam) Brigjen TNI Yudha Medy Dharma Zahrul, S.I.P., membuka kegiatan sosialisasi Netralitas TNI AD pada Pemilu TA 2024, yang dihadiri oleh Ketua Tim Sosialisasi dari Pusterad Brigjen TNI FX Giyono beserta rombongan, bertempat di Aula Tonny A Rompis Makodam XVII/Cenderawasih, Senin (9/10/2023).

Hadir dalam kegiatan ini, Kapoksahli Pangdam XVII/Cen Brigjen TNI Achmad Fauzi, S.I.P., M.M., Asrendam XVII/Cen Kolonel Arm Edwin Habel, S.A.P., M.M., Asintel Kasdam XVII/Cen Kolonel Inf Luhut Bernandus Sidabariba, S.I.P., M.M, Asops Kasdam XVII/Cen Kolonel Inf Marianus Moat Lukas Sadipun, Aspers Kasdam XVII/Cen Kolonel Inf Slamet, S.Sos. M. Han., Aslog Kasdam XVII/Cen Kolonel Inf Budiawan Basuki, Aster Kasdam XVII/Cen Kolonel Inf Mukhamad Akbar, S.E., Para Kabalakdam XVII/Cen dan anggota Tim sosialisasi dari Pusterad Kolonel Inf M. Mahbub Junaedi, Letkol Inf Emanuel Setyo K, dan Mayor Arh Rahmad H, serta para Prajurit peserta sosialisasi.

Kegiatan ini, menunjukkan komitmen Kodam XVII/Cen akan pentingnya Netralitas TNI dalam membangun demokrasi dan profesionalisme, sehingga harus benar-benar dipahami, dihayati, dan diimplementasikan dalam kehidupan prajurit TNI AD, khususnya di satuan jajaran Kodam XVII/Cen.

Mengawali kegiatan sosialisasi, Kasdam Brigjen TNI Yudha Medy Dharma Zahrul, S.I.P., membacakan sambutan Pangdam XVII/Cen menegaskan tujuan sosialisasi Netralitas TNI adalah untuk memberikan pemahaman kepada para prajurit tentang Netralitas TNI, agar terhindar dari politik praktis, terpeliharanya citra positif TNI AD dimata masyarakat, baik perorangan maupun satuan serta tidak melakukan hal-hal yang dapat merusak citra TNI AD pada pelaksanaan pemilu Tahun 2024 yang akan datang.

“Manfaatkan kegiatan ini dengan sebaik-baiknya dengan menyerap seluruh materi yang disosialisasikan, sehingga tujuan dan sasaran kegiatan sosialisasi tercapai sesuai yang diharapkan, karena akan memberikan manfaat yang besar bagi prajurit maupun satuan jajaran Kodam XVII/Cenderawasih,” tegas Kasdam kepada para peserta

Sementara itu di tempat yang sama, Dirdiklat Pusterad Brigjen TNI FX. Giyono yang membacakan sambutan Komandan Pusat Teritorial (Danpusterad) TNI AD Letjen TNI Teguh Muji Angkasa, S.E., M.M menyampaikan bahwa TNI AD sebagai salah satu pilar utama pertahanan negara, memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga ketertiban, keamanan dan netralitas selama proses Pemilu tahun 2024 berlangsung. Untuk itu, diharapkan prajurit TNI AD untuk tetap fokus pada tugas utama kita yaitu menjaga kedaulatan negara dan keutuhan Bangsa.

“Jangan terlibat dalam konstelasi politik menjelang Pemilu yang dapat mengganggu fokus dalam pengamanan Pemilu, serta selalu peka dengan perkembangan situasi di wilayah. Dengan kesadaran dan kesungguhan para prajurit TNI AD, maka akan terus menjadi kekuatan yang dapat diandalkan untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang sangat kita cintai ini,” jelas Dirdiklat Pusterad Brigjen TNI FX. Giyono.

Lebih lanjut, tampak para peserta antusias dan semangat mengikuti maupun mendengarkan materi yang disampaikan oleh Tim dari Pusterad, sehingga terjadi interaksi dengan pemateri sosialisasi Netralitas TNI AD pada Pemilu TA. 2024.

Check Also

Jaga Kesehatan Tubuh, Dandim Merauke Pimpin Olahraga Bersama

Merauke ~ Guna menjaga dan meningkatkan kesehatan serta kebugaran tubuh, Dandim 1707/Merauke Letkol Inf Bayu …