Kodam XVII/Cenderawasih Gelar Taklimat Awal Current Audit Itjenad TA 2022

Jayapura – Panglima Kodam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Muhammad Saleh Mustafa, diwakili oleh Irdam XVII/Cenderawasih Brigjen TNI Agus Supriyo Winarno, S.Sos. membuka Taklimat Awal Current Audit Itjenad TA 2022, bertempat di Ruang Bina Yudha Makodam XVII/Cenderawasih, Jayapura, Senin (14/11/2022).

Demikian disampaikan Kapendam XVII/Cenderawasih Kolonel Kav Herman Taryaman, S.I.P., M.H. dalam keterangannya.

Kapendam XVII/Cenderawasih Kolonel Kav Herman Taryaman, S.I.P., M.H., menerangkan dalam pelaksanaan Current Audit dari Itjenad akan dilaksanakan di seluruh jajaran Kodam XVII/Cenderawasih.

“Saat Taklimat Awal Current Audit dihadiri oleh Para Komandan Satuan, Komandan/Kepala Badan Pelaksana dan Vicon bagi satuan yang berada di luar Jayapura. Selanjutnya pelaksanaan Current Audit Itjenad TA 2022 ini berlangsung mulai tanggal 14 November sampai dengan tanggal 22 November 2022 di seluruh Satuan jajaran Kodam XVII/Cenderawasih,” jelas Kapendam XVII/Cenderawasih.

Sementara itu, dalam amanat Pangdam XVII/Cenderawasih yang dibacakan oleh Irdam XVII/Cenderawasih Brigjen TNI Agus Supriyo Winarno, S.Sos., menyampaikan ucapan selamat datang kepada Irada Itben Itjenad Brigjen TNI Kokom, S.E. selaku Ketua Tim beserta anggota di Makodam XVII/Cenderawasih. Selanjutnya menjelaskan secara umum kondisi Kodam XVII/Cenderawasih beserta Satuan jajaran Kodam XVII/Cenderawasih.

“Kita ketahui bersama, bahwa tujuan kedatangan Tim Current Audit Itjenad di Kodam XVII/Cenderawasih adalah untuk melaksanakan pengawasan dan pemeriksaan terhadap pelaksanaan program kerja TA 2022. Kegiatan ini merupakan salah satu bagian penting dan tidak dapat dipisahkan dalam manajemen organisasi modern. Fungsi pengawasan sangat berpengaruh dominan terhadap tingkat keberhasilan pelaksanaan tugas,” jelas Irdam XVII/Cenderawasih.

Lebih lanjut, diterangkan oleh Irdam XVII/Cenderawasih Brigjen TNI Agus Supriyo Winarno, S.Sos., mengingat pengawasan dan pemeriksaan secara obyektif serta berjenjang, maka dapat diantisipasi secara dini kemungkinan yang terjadi, baik berupa kesalahan maupun penyimpangan yang tidak kita harapkan. Selain itu, kegiatan ini dapat dijadikan parameter untuk mengidentifikasi sistem atau mengevaluasi kinerja, kondisi, dan pelaksanaan tugas yang telah dijalankan.”

“Untuk itu, Saya berharap kepada para Komandan Satuan, Asisten, Kepala Badan Pelaksana Kodam XVII/Cenderawasih dan pejabat lainnya agar membantu Tim Current Audit Itjenad dalam melaksanakan tugasnya. Berikan data yang lengkap tanpa direkayasa atau ditutup-tutupi, sehingga dapat diketahui apabila ada hal-hal yang perlu diperbaiki dan dikonsultasikan guna meningkatkan kualitas pelaksanaan tugas di masa mendatang,” tutup Irdam XVII/Cenderawasih.

Di tempat yang sama, Irada Itben Itjenad Brigjen TNI Kokom, S.E., selaku Ketua Tim Current Audit Itjenad membacakan amanat Taklimat Awal dari Inspektur Jenderal TNI AD menjelaskan bahwa metode pengawasan Current Audit merupakan pengawasan terhadap program kerja dan anggaran yang telah dan sedang dilaksanakan untuk memberikan penilaian independen tentang manajemen resiko, pengendalian dan proses tata kelola sesuai ketentuan yang berlaku.

“Ini untuk membantu Kasad dalam menyelenggarakan pengawasan kinerja, pembendaharaan dan khusus terhadap organisasi di jajaran TNI AD dalam rangka mendukung tugas TNI AD,” jelas Brigjen TNI Kokom, S.E.

“Saya berharap upaya pengawasan ini mampu meminimalisir temuan BPK RI serta berdampak pada dipertahankannya WTP terhadap laporan keuangan Kemhan dan TNI, khususnya pada TNI AD,” tambahnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut Danrem 172/PWY, Danrem 173/PVB (secara Virtual), Danrem 174/ATW (secara Virtual), Para Asisten Kasdam XVII/Cenderawasih, dan Para Dan/Kabalakdam XVII/Cenderawasih.

Otentifikasi : Pendam XVII/Cenderawasih.

Check Also

Pangdam Cenderawasih Mendampingi Menteri Pertanian RI Dalam Rakor Peningkatan Produksi Pangan Nasional

Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Izak Pangemanan, M.Han mendampingi Menteri Pertanian RI Dr. Ir. H. Andi …