Kodam XVII/Cenderawasih Gelar Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-94 Tahun 2022, Bersatu Bangun Bangsa

Jayapura – Kepala Staf Kodam (Kasdam) XVII/Cenderawasih Brigjen TNI R. Sidharta Wisnu Graha, S.E., bertindak sebagai Irup (Inspektur Upacara) pada peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-94 Tahun 2022 di Makodam XVII/Cenderawasih, Jayapura, Jumat (28/10/2022).

Demikian disampaikan Kapendam XVII/Cenderawasih Kolonel Kav Herman Taryaman, S.I.P., M.H. dalam keterangannya.

Kapendam mengatakan dalam upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-94 kali ini mengusung tema “Bersatu Bangun Bangsa”.

“Peringatan Hari Sumpah Pemuda adalah upaya kita menghadirkan sejarah masa lalu untuk direnungkan, dipelajari, ditemukan kristalisasi pembelajaran kebaikan untuk dijadikan teladan dan inspirasi penggerak langkah menuju visi bangsa yang besar,” kata Kapendam XVII/Cenderawasih.

Dalam amanatnya Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Bapak Zainudin Amali yang dibacakan oleh Kasdam XVII/Cenderawasih sebagai Inspektur Upacara menyampaikan Peringatan Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2028 memberikan pelajaran kepada kita tentang bagaimana menyikapi perbedaan sikap primordial, suku, agama, ras dan kultur, serta berbagai kepentingan menjadi kekuatan, bukan sebagai faktor yang melemahkan.

“Peran pemuda dalam mempelopori membangun visi kebangsaan dengan Sumpah Pemuda 1928 yang diikuti dengan rangkaian pergerakan-pergerakannya telah mengantarkan kepada Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Peran pemuda telah tercatat dengan tinta emas sepanjang masa,” kata Kasdam XVII/Cenderawasih.

“Peringatan Sumpah Pemuda ini selalu memilik arti penting karena ancaman-ancaman terhadap kesatuan Indonesia selalu ada bersamaan dengan cita-cita mewujudkan kejayaan Indonesia. Tema peringatan Hari Sumpah Pemuda “Bersatu Bangun Bangsa”, memberikan pesan mendalam bahwa bersatu padu adalah harga mati untuk membangun ketangguhan dan persatuan akan menjadikan kekuatan Bangsa Indonesia.”

“Pemuda adalah tokoh-tokoh yang akan berperan pada masa yang akan datang, pemuda bukan hanya menjadi pelaku penting membangun ketangguhan bangsa dalam mewujudkan visi besar Indonesia Emas 2045, tetapi juga menjadi tulang punggung untuk kejayaan bangsa sepanjang masa”, tegas Brigjen TNI R. Sidharta Wisnu Graha, S.E.

“Kita patut bersyukur, melihat pemuda Indonesia telah menunjukan banyak capaian prestasi di berbagai bidang yang membanggakan, baik pada level Nasional maupun pada level Internasional. Namun kita juga khawatir bahwa pemuda Indonesia masih menghadapi ancaman pengangguran dan keterpurukan. Terhadap situasi tersebut, maka upaya pemberdayaan dan pengembangan pemuda menjadi kreatif, inovatif, kolaboratif dan mandiri serta berkarakter mulya perlu dikembangkan, agar pemuda dapat menghadapi situasi yang tidak menguntungkan dan mampu mencapai prestasi tinggi.”

Mengakhiri amanatnya Menteri Pemuda dan Olahraga RepubIik Indonesia (Menpora RI) berpesan untuk upaya perberdayaan dan pengembangan pemuda menjadi kreatif, inovatif, kolaboratif dan mandiri serta berkarakter mulia perlu dikembangkan, agar pemuda dapat menghadapi situasi yang tidak memguntungkan dan mampu mencapai prestasi tinggi.

“Marilah kita jadikan momentum peringatan Hari Sumpah Pemuda yang Ke-94 ini sebagai momentum untuk meningkatkan semangat kita bersama membangun bangsa,” tutup Kasdam XVII/Cenderawasih.

Otentifikasi : Pendam XVII/Cenderawasih.

Check Also

Tingkatkan Semangat Gotong-Royong, Babinsa Bantu Penggalian Pondasi WC Milik Warga

Biak ~ Wujud kepedulian terhadap sesama yang dilakukan oleh Babinsa Posramil 1708-02/Biak Utara Warsa Serda …