Kodam XVII/Cenderawasih Siap Mendukung Penyelenggaraan Pemilu Tahun 2024

Pangdam XVII/Cenderawasih yang diwakili oleh Kapoksahli Pangdam XVII/Cenderawasih Brigjen TNI Achmad Fauzi memaparkan kesiapan TNI, khususnya Kodam XVII/Cenderawasih dalam mendukung penyelenggaraan Pemilu tahun 2024 pada kegiatan Safari Pemilu TNI, Polri, Pemda dan Penyelenggara Pemilu 2024 di Prov. Papua Tengah, bertempat di Aula Pemda Prov. Papua Tengah, Senin (18/9/2023), Pkl. 10.00 Wit.

Turut hadir dalam acara tersebut Pj. Gubernur Prov. Papua Tengah, Kapolda Papua, Perwakilan Kabinda Papua, Ketua KPU Prov. Papua Tengah, Ketua Bawaslu Prov. Papua Tengah, Para Ketua DPW Partai Politik Prov. Papua Tengah, Para Ketua DPD Partai Politik Prov. Papua Tengah, Para Forkopimda Kab. Nabire, Kab. Mimika, Kab. Puncak Jaya, Kab. Deiyai, Kab. Paniai, Kab. Dogiyai, Kab. Intan Jaya dan Kab. Puncak.

Mengawali acara, dibacakan arahan Presiden RI terkait Penyelenggaraan Pemilu 2024 yang disampaikan oleh Pj. Gubernur Prov. Papua Tengah (Dr. Ribka Haluk, S.Sos., M.M.) memastikan Pemilu 2024 sesuai jadwal dan tepat waktu, serta meminta jajaran Menteri agar memberi dukungan penuh kepada KPU. Demikian pula meminta seluruh jajaran KPU agar menjaga dan meningkatkan kualitas Pemilu.

Usai kegiatan tersebut, kemudian dirangkai dengan acara tatap muka Pejabat TNI-Polri dan Binda Papua dengan Perwakilan Personel TNI-Polri dan Binda Papua di Aula Mako Yonif 753/AVT Rem 173/PVB.

Dalam pertemuan tersebut, Pangdam XVII/Cenderawasih yang diwakili Kapoksahli Pangdam memberikan arahan yang menegaskan TNI dalam hal ini Kodam XVII/Cen siap mendukung penyelenggaraan Pemilu 2024.

“Kita TNI Polri harus Sinergis dan Papua adalah Barometernya Indonesia, sehingga saling mendukung dalam menyukseskan Pemilu 2024 dikarenakan wilayah Papua masih ada beberapa yang rawan konflik dan gangguan dari KST,” tegas Kapoksahli.

“TNI Polri harus Netral tidak memihak pihak manapun. Tidak ada fasilitas dinas yang digunakan oleh Paslon atau pihak yang menjadi Peserta Pemilu 2024,” ungkap Brigjen TNI Fauzi.

Di tempat yang sama, Kapolda Papua dan Kabinda Papua yang diwakili oleh Kabagduk Ops Binda menyampaikan Personel TNI Polri memegang peran penting dalam Pemilu secara baik, aman dan lancar. Untuk itu harus netral jangan bermain disalah satu pihak tertentu, jaga Solidaritas dan Integritas antar TNI Polri. Demikian pula Prajurit TNI Polri harus menjaga sikap Profesionalisme dalam menyikapi Pemilu 2024, maupun tidak ada yang mengintimidasi setiap penyelenggara Pemilu 2024.

Check Also

Jaga Kesehatan Tubuh, Dandim Merauke Pimpin Olahraga Bersama

Merauke ~ Guna menjaga dan meningkatkan kesehatan serta kebugaran tubuh, Dandim 1707/Merauke Letkol Inf Bayu …