Home / Post / Berita / Kodim 1702/Jayawijaya Berikan Sosialisasi dan Edukasi Tentang Komponen Cadangan

Kodim 1702/Jayawijaya Berikan Sosialisasi dan Edukasi Tentang Komponen Cadangan

Wamena/Jayawijaya~ Sosialisai dan Edukasi kepada masyarakat tentang pembentukan Komponen cadangan dengan tema *”Siap Membela Bangsa”* di wilayah Kodim 1702 Jayawijaya TA 2020 yang samapaikan oleh Pasiter Kapten Inf Aprin Paembonan bertempat di Aula Ukhumearek Asso Jl.Yos Sudarso Kel. Wamena Kota Kab. Jayawijaya, (10/8/20).

Pasiter mengatakan pelaksanaan sosialisasi kepada masyarakat ini bertujuan dalam rangka mengenalkan tentang pembentukan Komponen cadangan untuk menghadapi perkembangan ancaman yang makin beragam dan kian kompleks, maka untuk menghadapinya Negara Republik Indonesia perlu menata kembali kekuatannya.

“Dalam konteks pertahanan negara, permasalahan ini tidak cukup ditangani hanya dari aspek kekuatan utama Militer saja, untuk membangun ketahanan Nasional setidaknya ada 3 (tiga) pilar yang harus saling terkait yaitu Pemerintahan, Rakyat, dan Militer,”papar Pasiter.

Lebih lanjut Pasiter mengatakan, bahwa ketiga pilar tersebut di jalin dalam simpul untuk memperkuat sebuah Negara. Pemerintah dengan rakyat diikat dengan simpul ideologi. Ideologi adalah sebuah harapan yang dibangun bersama secara sadar yaitu dengan memberikan kemampuan melalui pendidikan dan latihan agar dapat melaksanakan tugas pertahanan Negara atau yang disebut Bela Negara.

Mengintegrasikan kekuatan pengganda yang berasal dari komponen cadangan dan komponen pendukung ke dalam organisasi kekuatan pertahanan Negara.

“Untuk itu, keberadaan Komando Daerah Militer sebagai bagian dari kekuatan TNI AD berperan penting dalam menyelenggarakan tugas dan fungsi Kemhan, terutama dalam menyiapkan komponen cadangan di wilayah yang menjadi tanggung jawabnya,” pungkas Pasiter.

Diharapkan setelah kegiatan ini bapak dan saudara saudara sekalian agar mensosialisasikan kepada masyarakat luas terutama kepada tetangga maupun rekannya.

Pasiter juga mengungkapkan Sosialisasi juga akan dilakukan kewilayah-wilayah binaan dan akan dilakukan secara masif oleh
babinsa jajaran Kodim 1702 Jayawijaya,” tutup pasiter.

About admincen