Kodim 1710/Mimika Gelar Upacara Peringatan Hari Bela Negara Ke-75

Mimika ~ Dalam rangka memperingati Hari Bela Negara Ke-75, personel Kodim 1710/Mimika melaksanakan upacara yang dipimpin oleh Kabenglap Timika, Mayor Cpl Abdul Kaya bersama sekitar 75 orang peserta bertempat di lapangan Upacara Makodim 1710/Mimika, Distrik Kuala Kencana, Kabupaten Mimika, Papua Tengah, Selasa (19/12/2023).

Dalam kegiatan peringatan Hari Bela Negara ke-75 tahun 2023 mengusung tema Kobarkan Bela Negara untuk Indonesia Maju, yang diisi dengan menyanyikan lagu mars bela negara oleh seluruh peserta upacara dan pembacaan ikrar oleh Sertu Lukas Lohi.

Di kesempatan tersebut, Inspektur Upacara membacakan amanat Presiden RI yang intinya kita harus memiliki jiwa bela negara sebagai pilar utama untuk membuat kita tangguh dan cerdas dalam menghadapi situasi yang tidak menentu selain itu semangat bela negara bukan hanya tanggung jawab aparat pertahanan, tetapi juga membutuhkan partisipasi aktif seluruh elemen masyarakat dalam menjaga kesatuan NKRI.

“Kita harus memiliki jiwa Bela Negara sebagai pilar utama yang menjadikan kita tangguh dan cerdas dalam menghadapi situasi yang tidak menentu. Semangat Bela Negara membutuhkan partisipasi aktif seluruh elemen masyarakat. Ini adalah tugas kita bersama dalam menjaga kesatuan dan persatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ucap Mayor Cpl Abdul Kaya saat membaca amanat.

lebih lanjut, dalam amanat tersebut pun dijelaskan bahwa bela negara di Indonesia bukan hanya terkait pada aspek militer tetapi harus lebih luas lagi, merangkul semua lapisan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

“Setiap tindakan, sekecil apapun, yang dilandasi cinta kepada bangsa dan negara, cinta kepada Pancasila dan Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah wujud konkrit Bela Negara,” imbunya.

Otentifikasi : Pendam XVII/Cenderawasih

Check Also

Dedikasi Prajurit Rusa Hitam 721 Bangun Rumah Makkasau Untuk Masyarakat Papua

Sebagai bentuk dedikasi kepada masyarakat Papua, Prajurit Rusa Hitam Satgas Yonif 721/Mks bangun rumah Makkasau …