Kodim 1715/Yahukimo Bersama Puskesmas Gelar Pelayanan KB Kesehatan Dan Pengobatan Massal

Dekai – Dalam rangka membantu pemerintah dalam bidang kesehatan, sebanyak 35 personel Kodim 1715/ Yahukimo dan 5 orang anggota Puskesmas Aplim Kab. Yahukimo mengadakan kegiatan pelayanan KB Kesehatan dan pengobatan massal, bertempat di Kampung Kokamu Distrik Dekai, Kab. Yahukimo, Sabtu (17/09/2022).

Kegiatan tersebut, merupakan bentuk pelayanan kesehatan tanpa biaya kepada masyarakat di segala usia, mulai dari anak hingga lanjut usia (Lansia). Pelayanan yang diberikan berupa pemeriksaan kesehatan, pemberian obat dan konsultasi keluhan kesehatan.

Dalam kegiatan pengobatan massal tersebut, Bakes (Bintara kesehatan) Kodim 1715/ Yahukimo Sertu Segar beserta dokter dari Puskesmas Aplim Kab. Yahukimo, Dokter Yonri Kukus memeriksa setiap pasien dengan cara wawancara dan pemeriksaan fisik, memberikan konseling dan penyuluhan singkat terhadap pasien, menentukan diagnosis serta memberikan resep obat yang bersifat simptomatik sesuai dengan penyakit yang di derita oleh pasien.

Komandan Kodim 1715/Yahukimo Letkol Inf Johanis Victorianus Tethool, S.sos saat dihubungi mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan salah satu bentuk kerja sama yang dilakukan oleh Kodim 1715/Yahukimo bersama pemerintah daerah yaitu Puskesmas Aplim Kabupaten Yahukimo.

“Kegiatan ini sebagai wujud nyata hadirnya Kodim dan pemerintah daerah dalam menangani permasalahan kesehatan masyarakat yang susah dijangkau khususnya daerah pedalaman, sehingga memudahkan masyarakat untuk berobat tanpa harus pergi ke Puskesmas lagi. Jadi kami ingin jemput bola dengan terjun langsung ke lapangan,” katanya.

Selain mendirikan tenda kesehatan, lanjut Dandim, para personel kesehatan Kodim 1715/Yahukimo dan petugas Puskesmas juga melaksanakan pengobatan door to door dengan mendatangi rumah-rumah masyarakat.

“Ada beberapa masyarakat yang tidak dapat datang berobat di Pos kesehatan yang kami dirikan sebab dalam kondisi sakit di rumahnya. Untuk itu, kami merespon dengan mendatangi lalu melakukan tindakan pengobatan di tempat sambil kita pantau terus,” jelasnya.

Tanggapan dari salah satu masyarakat setempat, Andi Baimoka menyampaikan terima kasih dan merasa terbantu dengan adanya pelayanan kesehatan.

“Saya merasa terbantu karena tidak perlu mengunjungi rumah sakit yang jauh lagi karena sudah ada tim kesehatan dari kodim dan Puskesmas Aplim yang membantu saya dan masyarakat lain yang ada di Kampung Kokamu ini untuk itu saya sangat berterimakasih,” tuturnya.

Otentifikasi : Pendam XVII/Cenderawasih.

Check Also

Manunggal Dengan Rakyat, Babinsa Yaptim Bantu Warga Bangun Rumah

Yapen ~ Sebagai bukti kemanunggalan TNI dan rakyat terealisasi dengan baik diwilayah binaannya, Sertu Patrik …