Kodim Boven Digoel Dukung Pendataan Awal Regsosek Oleh BPS

Boven Digoel – Komandan Kodim 1711/Boven Digoel diwakili Pasipers Kodim 1711/BVD Kapten Inf Yohanis Koromat hadiri kegiatan yang di selenggarakan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Boven Digoel dalam rangka rapat kordinasi daerah pendataan awal registrasi sosial ekonomi 2022 dengan tema mencatat untuk membangun Negeri satu data program perlindungan sosial dan pemberdayaan masyarakat, bertempat di Aula Bung Hatta Makodim 1711/BVD, Kampung Mawan Distrik Mandobo Kabupaten Boven Digoel, Kamis (22/09/2022).

Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Bupati Boven Digoel Lexi Romel Wagiu, Kepala BPS Ibu Kartika Apriyanthi, S.ST, Kapolres Boven Dogoel diwakili AKP Yohanes Mbawa (Kabag Perencanaan Polres Boven Digoel).

Dalam sambutan sekaligus membuka kegiatan tersebut, Wakil Bupati Boven Digoel Lexi Romel Wagiu menyampaikan bahwa Regristasi Sosial Ekonomi merupakan bagian dari Reformasi Sistem Perlindungan Sosial yang konsepnya telah dirancang sejak Tahun 2020. Pengertian Regsosek sendiri ialah pendataan seluruh penduduk yang mencakup profil dan kondisi sosial ekonomi yang sangat beragam mulai dari kondisi demografi, perumahan, keadaan disabilitas, kepemilikan aset, hingga informasi geospasial.

“Informasi yang komprehensif ini memungkinkan menyajikan peringkat kesejahteraan setiap penduduk dan meningkatkan ketepatan sasaran program-program pemerintah. Pengetahuan akan peringkat kesejahteraan penduduk membantu pemerintah berbagai tingkatan dalam menyasar penduduk rentan, miskin, dan miskin ekstrem, khususnya dalam perlindungan sosial dan tanggap darurat kebencanaan,” ujarnya.

“Kelengkapan regristasi membuka peluang pemanfaatan yang luas, dan tidak hanya program perlindungan sosial saja. Data Regsosek yang lengkap akan mendukung program pemberdayaan ekonomi, penyediaan kebutuhan infrastruktur dasar, pemerataan akses pendidikan dan kesehatan, peningkatan inklusi keuangan, dan program lain untuk mendorong potensi pembangunan di pusat dan daerah.”

“Dapat kita simpulkan bersama bahwa pelaksanaan Registrasi Sosial Ekonomi menjadi langkah strategis yang tepat dalam pembangunan dan pemulihan Indonesia. Namun demikian kita pun sadar bahwa untuk mencapai tujuan tersebut bukanlah hal yang mudah. Tidak lupa bahwa kita membutuhkan partisipasi aktif dari berbagai elemen masyarakat dalam memberi masukan bagi pelaksanaan Regsosek yang lebih baik. Data Regsosek diharapkan dapat menghasilkan kolaborasi dan berbagi pakai data lintas lembaga dan lintas daerah untuk memastikan pemakaian data yang konsisten,” terangnya.

Disela kegiatan, Komandan Kodim 1711/Boven Digoel Letkol Czi Agustinus Ressa Sala’pa, S.T., M.I.P. menyampaikan dukungannya pada program dari Pemerintah Daerah, termasuk yang dilakukan Badan Pusat Statistik Boven Digoel untuk melakukan pendataan awal program Registrasi Sosial Ekonomi.

“Regsosek akan menghasilkan data terpadu tidak hanya untuk program perlindungan sosial melainkan keseluruhan program yang dibutuhkan masyarakat untuk kebijakan pemerintah yang lebih terarah, dan diharapkan dapat menghasilkan kolaborasi serta berbagi pakai data lintas lembaga dan lintas daerah untuk memastikan pemakaian data yang konsisten,” jelasnya.

Otentifikasi : Pendam XVII/Cenderawasih.

Check Also

Tanggap Bencana, Babinsa Koramil Dawai Bersama Warga Perbaiki Jalan Longsor Trans Yapen

Yapen ~ Akibat tingginya curah hujan yang terjadi beberapa hari terakhir di Wilayah Distrik Yapen …