Kolaborasi Satgas TNI 301/PKS Dan Pemda Puncak Jaya Sosialisasikan Bahaya Miras dan HIV/AIDS

Puncak Jaya – Guna membentuk generasi muda yang tangguh dan hebat dalam menyongsong masa depan Bangsa dan Negara, maka memerlukan kerjasama dari semua lapisan masyarakat, baik Pemda, TNI Polri dan masyarakat lainnya untuk menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) sejak Dini.

Demikian pula, dalam membangun di wilayah Papua, baik untuk menciptakan keamanan, kedamaian dan kesejahteraan masyarakat di wilayah Papua memerlukan sinergitas dari semua elemen masyarakat.

Untuk itu, Satgas Satuan Organik Yonif Raider 301/PKS bersinergi dan berkolaborasi bersama komponen masyarakat Distrik Ilu dan Pemda Kab. Puncak Jaya untuk memberikan sosialisasi tentang bahaya Miras dan pencegahan penyakit HIV/AIDS dengan Tema Menghapus Air Mata dan Menyelamatkan Sisa dari yang Tersisa, bertempat di Aula Klasis Yalu Kampung Wurak Distrik Ilu Kab. Puncak Jaya, Papua, Rabu (03/08/2022).

Demikian disampaikan Dansatgas Satuan Organik Yonif Raider 301/PKS Letkol Inf Mohammad Syaifuddin Fanany S.H., M.I.P dalam keterangannya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Dansatgas Satuan Organik Yonif Raider 301/PKS (Letkol Inf Mohammad Syaifuddin Fanany S.H., M.I.P), Bupati Puncak Jaya (diwakili Dispenda Kab. Puncak Jaya Bapak Mus Kogoya), Kapolres Puncak Jaya (diwakili Kapolsek Ilu Ipda Yusuf Toding), Dandim 1714/Puncak Jaya (diwakili Koramil 1714-02 Serma Amir), Dinkes Puncak Jaya (diwakili Kepala Puskesmas Ilu Bapak Matius Kogoya A.Md.), Kepala Puskesmas Nioga (Ibu Nini Wahyuni), SMA Negri Ilu (Bapak Petrus) beserta Siswa-siswi. SMP Negri 1 Ilu (Ibu Hera) beserta Siswa-siswi, SD JPPGI Ilu (Bapak Cimes Kogoya) beserta murid dan para Tua-tua GIDI, tokoh masyarakat, tokoh agama, dan tokoh adat Distrik Ilu.

Masih ditemukannya warga yang mengkonsumsi Miras sehingga mengakibatkan sakit, bahkan korban, serta diperoleh data adanya warga terjangkit HIV/AIDS, maka mendorong dilakukan upaya memberantas Miras serta penularan penyakit HIV/AIDS di wilayah Papua.

Inila salah satu yang mendorong Pos Kout Ilu berinisiatif dipimpin Wadansatgas Satuan Organik Yonif Raider 301/PKS Mayor Inf Heri Andi Nova Sirait menyelenggarakan kegiatan Komsos dengan komponen masyarakat Distrik Ilu dan aparat Pemda Kab. Puncak Jaya memberikan sosialisasi kepada warga, pemuda dan pelajar oleh dokter Satgas Lettu Ckm dr. Oky Fredy Anam.

Pada kesempatan tersebut, Dansatgas Satuan Organik Yonif Raider 301/PKS Letkol Inf Mohammad Syaifuddin Fanany S.H., M.I.P menghimbau kepada warga Distrik Ilu, agar senantiasa meningkatkan pencegahan tentang bahaya Miras dan HIV/AIDS serta tidak mudah terpengaruh oleh gaya hidup bebas.

“Kegiatan sosialisasi ini akan terus menerus dilakukan di Distrik Ilu, sehingga warga memiliki pemahaman yang sama tentang bahaya Miras dan HIV/AIDS. Semakin memiliki pertahanan yang tangguh untuk mencegahan, baik perorangan, keluarga dan lingkungan,” jelas Dansatgas.

Diakhir kegiatan, Satgas Satuan Organik Yonif Raider 301/PKS memberikan tali asih kepada Tokoh-tokoh dan Tua-tua yang hadir berupa bantuan sosial sembako.

Di tempat yang sama, Kadispenda Kab. Puncak Jaya Bapak Mus Kogoya, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Satgas Satuan Organik Yonif Raider 301/PKS yang telah menyelenggarakan sosialisasi.

“Semoga bermanfaat dan dapat mengubah kebiasaan masyarakat yang tidak baik,” pungkasnya.

Disamping itu, salah satu pemuka agama Klasis Yalu Distrik Ilu Bapak Dik Kogoya mengungkapkan bahwa kebiasaan tidak baik harus diubah, sehingga dengan adanya TNI, maka sangat terbantu dalam pencegahan bahaya minuman keras dan pencegahan penyakit HIV/AIDS.

“Harapan saya, untuk tokoh pemuda mulai tergerak untuk membantu memberikan pemahaman kepada masyarakat yang sudah dipelopori oleh Satgas Satuan Organik Yonif Raider 301/PKS,” ungkap Dik Kogoya.

Otentifikasi : Pendam XVII/Cenderawasih.

Check Also

Peringati Harkitnas, Kapoksahli Pangdam Cenderawasih : Menatap Masa Depan dengan Penuh Optimisme, Kepercayaan Diri dan Keyakinan

“Kebangkitan Kedua Menuju Indonesia Emas”, merupakan tema yang diusung pada peringatan ke-116 Hari Kebangkitan Nasional …