Kolaborasi Satgas Yonif 405/SK Bersama Dinkes dan PT. FI Dalam Intervensi Kesehatan Masyarakat

Mimika – Tim Kesehatan Satgas Yonif 405/SK Kolakops Korem 174/ATW, Dinas Kesehatan Kab. Mimika dan Tim Kesehatan PT. Freeport Indonesia melaksanakan program “Kolaborasi, Intervensi Kesehatan Masyarakat Pemeriksaan Dan Pengobatan Massal”, bertempat di Kampung Nayaro, Distrik Mimika Baru, Kabupaten Mimika, Sabtu (12/11/2022).

Menurut Danpos Nayaro Satgas Yonif 405/SK Letda Inf Purwanto, program kesehatan tersebut rencananya berlangsung selama lima hari, yakni mulai tanggal 7 hingga 11 November 2022, digelar di Klinik, balai kampung dan SD Inpres Nayaro.

“Di Klinik dan balai Kampung Nayaro, tim kesehatan memberikan layanan pemeriksaan, pengobatan massal serta memberikan penyuluhan kesehatan dan menggelar Posyandu. Sedangkan di SD Inpres Nayaro, tim kesehatan Kolaborasi tim kesehatan juga melakukan kegiatan yang sama dan ditambah edukasi kesehatan meliputi pentingnya berperilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) di sekolah serta cara menjaga kesehatan gigi dan mulut,” ujar Danpos.

Sementara itu, pegawai Dinkes Mimika Ibu Lidarmawarty M mengatakan, untuk mencapai kondisi sehat atau sejahtera fisik, mental, dan sosial bukanlah perkara mudah. Banyak tahapan yang perlu dilalui, mulai dari meningkatkan literasi kesehatan masyarakat, meningkatkan kapasitas pelayanan kesehatan, hingga, pada akhirnya, membangun perilaku hidup sehat masyarakat.

“Kolaborasi menjadi salah satu metode yang tepat untuk melaksanakan intervensi kesehatan dalam rangka memberikan pelayanan kesehatan yang maksimal di wilayah penempatan masing-masing, seperti program yang sedang kami lakukan bersama tim kesehatan dari Satgas Yonif 405/SK di Kampung Nayaro ini”.

“Semoga program ini dapat berjalan dengan sukses, sehingga kami dapat memastikan bahwa kondisi dan perilaku kesehatan masyarakat dapat tercapai,” tutup Lidarwaty.

Otentifikasi : Pendam XVII/Cenderawasih.

Check Also

Kasdam XVII/Cenderawasih Kunjungi KSDA Bahas Ketahanan Pangan Dan Alam Papua

Jayapura – Ketahanan Pangan dan bagaimana menjaga alam Papua menjadi bahan pembahasan saat Kasdam XVII/Cenderawasih …