Home / Post / Berita / Koramil Yapbar Bersama Warga Lakukan Pemugaran Makam Pejuang Pepera

Koramil Yapbar Bersama Warga Lakukan Pemugaran Makam Pejuang Pepera

Yapen – Sebagai wujud penghargaan dan penghormatan terhadap jasa-jasa para pendahulu kita dalam mempertahankan dan memperjuangkan kedaulatan NKRI, Koramil 1709-04/Yapbar dipimpin oleh Serma Anaklektus Worumi bersama dengan warga, melaksanakan pemugaran makam Pejuang Pepera yaitu Elisabet Awarawi dan Margareta Awarawi yang terletak di Kampung Sasawa,Distrik Yapen Barat, Kab. Kep. Yapen, Kamis (18/07).

Disela kegiatan, Serma Anaklektus menuturkan bahwa kegiatan yang dilaksanakan bersama dengan warga sekitar ini, selain merupakan wujud kita sebagai generasi penerus perjuangan dalam menghargai dan menghormati jasa para pejuang. Juga kita mengajak seluruh lapisan masyarakat khususnya para generasi muda untuk tidak melupakan sejarah.

Kedua pejuang ini dulunya turut serta dalam Penentuan Pendapat Rakyat (Pepera) yang diadakan pada tahun 1969 di Papua Barat, untuk menentukan status daerah bagian barat Pulau Papua antara milik Belanda atau Indonesia. Para wakil yang dipilih dari masing-masing daerah dengan suara bulat memilih persatuan dengan Indonesia dan hasilnya diterima oleh PBB.

“Kegiatan yang dilaksanakan bersama dengan warga ini merupakan upaya kita bersama, sebagai wujud penghormatan dan penghargaan kepada ke 2 tokoh pejuang Pepera. Dengan harapan, kita bisa meneruskan semangat mereka dalam membangun Papua menuju ke arah yang lebih baik lagi,” ujar Serma Anaklektus.

About redaksi