Korem 173/PVB Gelar Penguatan Bela Negara Bagi Generasi Muda

Biak – Kepala Seksi Teritorial Kasrem 173/Praja Vira Braja Kolonel Inf Usep Setiyawan bersama staf melaksanakan kegiatan penguatan bela negara bagi generasi muda wilayah Kabupaten Biak Numfor . bertempat di Aula Graha Praja Vira Braja Korem 173/PVB. Kamis (20/10/2022).

Kegiatan penguatan bela negara bagi generasi muda tersebut, diikuti oleh 75 orang generasi muda yang selesai melaksanakan pendidikan SMU dan SMK tahun 2022, dengan tema “ mewujudkan Binter TNI-AD yang adaptif melalui kegiatan bela negara bagi generasi muda untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air semangat nasionalisme dan menanamkan kembali nilai-nilai luhur Pancasila yang sudah mulai luntur.

Mengawali sambutannya Kepala Seksi Teritorial Kasrem 173/PVB Kolonel Inf Usep Setiyawan menyampaikan bahwa kemajuan teknologi informasi telah memberikan dampak positif maupun negatif terhadap prilaku generasi muda Indonesia banyak generasi muda Indonesia saat ini sudah mulai melupakan sejarah bangsa.

“Dengan adanya kegiatan ini kalian harus tumbuhkan kembali semangat nasionalisme dan cintah tanah air yang terkandung dalam nilai-nilai luhur Pancasila”, ungkap Kepala Seksi Teritorial.

“Peluang generasi muda untuk membela negara sangat terbuka salah satu di antaranya dengan mengikuti seleksi menjadi seorang prajurit. Namun menjadi seorang prajurit tidak mudah kalian harus menyiapkan fisik, mental serta kesehatan yang baik. seorang generasi mudah harus mempunyai jiwa juang dan mental yang tangguh jangan mudah menyerah tetap berusaha dan yang terpenting adalah berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa karena kita berusaha Tuhanlah yang menentukan”, ungkap Kasiter.

Pada kesempatan yang sama Sersan Mayor Jaya Ariwibowo selaku Bintara tinggi staf teritorial Korem 173/PVB dalam penyampaian materinya yang berjudul membangun karakter bangsa melalui bela negara.

“Mengutip kata-kata bijak dan motivasi dari Ir. Soekarno yang berbunyi yaitu berikan aku 10 orang pemuda niscaya akan ku goncang dunia, mempunyai arti yang sangat mendalam bagi kita sebagai generasi muda bahwa begitu penting peranan generasi muda bagi suatu bangsa sehingga hanya dengan 10 orang pemuda bisa mengguncangkan dunia generasi muda adalah ibarat tiang negara, tanpa tiang niscaya negara ini tidak akan berdiri,” ungkap Serma Jaya.

Otentifikasi : Pendam XVII/Cenderawasih.

Check Also

Pangdam Cenderawasih Mendampingi Menteri Pertanian RI Dalam Rakor Peningkatan Produksi Pangan Nasional

Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Izak Pangemanan, M.Han mendampingi Menteri Pertanian RI Dr. Ir. H. Andi …