Korem 174/ATW Gelar Upacara Pembukaan Persami Saka Wira Kartika Penguatan Binter 2024

Merauke ~ Brigjen TNI Agus Widodo, S.I.P., M.S.I., pimpin upacara pembukaan Perkemahan Sabtu Minggu (Persami) Saka Wira Kartika Korem 174/ATW Tahun 2024 bertempat di Taman Lotus, Kampung Waninggap Kai, Distrik Semangga, Kab. Merauke, Papua Selatan, Sabtu (3/2/2024).

Perkemahan Saka Wira Kartika Korem 174/ATW tahun 2024 dengan mengambil tema Bersatu Dengan Alam Rehabilitasi Kawasan Hutan Dan Lahan Basah.

Turut hadir Ny. Ane Agus Widodo (Ketua Persit KCK Korcabrem 174/ATW), Kolonel Inf Frits Wilem Rizard Pelamonia (Kasrem 174/ATW), Para Kasi Korem 174/ATW, Para Dansat, Kapolres Merauke, Ketua dan Sekretaris Kwarcab Pramuka Kab. Merauke, Kadis Pendidikan Pemda, Bapak/Ibu Guru Pembina Pramuka SMK 3, SMAN dan SMPN Tanah Miring.

Perkemahan Saka Wira Kartika Korem 174/ATW tahun 2024 merupakan program TNI-AD untuk membina generasi muda melalui Pramuka dengan menanamkan jiwa kedisiplinan dalam mencintai dan peduli dengan alam. Disamping itu dengan terselenggaranya Perkemahan Saka Wira Kartika dapat memupuk jiwa korsa antara sesama pramuka dengan rencana kegiatan akan berlangsung dari 3-4 Febuari 2024.

Dalam kegiatan tersebut Danrem 174/ATW membacakan amanat Kasad selaku pembina Saka Wira Kartika tingkat nasional, saya mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak panitia yang telah merencanakan dan menyiapkan kegiatan hari ini.

TNI-AD melaksanakan pembinaan kepramukaan Saka Wira Kartika sebagai bentuk tanggung jawab moral dan panggilan jiwa untuk membina serta membetuk generasi muda bangsa agar memiliki karakter dan wawasan kebangsaan yang kuat berlandaskan Pancasila dan UUD 1945.

Selaras dengan tema kegiatan yaitu Bersatu dengan Alam Rehabilitas Kawasan Hutan dan Lahan Basah, maka dari tema ini pun harmonis dengan poin Dasa Darma Pramuka, yang kedua berupa Cinta Alam dan Kasih Sayang Sesama Manusia.

Danrem 174/ATW juga memyampaikan pesan dan arahan kepada peserta persami Diharapkan kepada peserta kegiatan untuk secara aktif dalam mengikuti setiap materi yang diberikan dengan baik dan nikmati suasananya.

“Sesuai arahan dari Bapak Kasad bahwa Pemuda adalah pelopor pembangunan Bangsa dengan mencintai alam dengan cara menanam pohon, mengurangi sampah plastik dan menjaga kebersihan, Jadilah generasi muda yang dipuji tidak terbang dan dicaci tidak tumbang,” tutup Danrem.

Usai kegiatan upacara pembukaan perkemahan acara dilanjutkan dengan giat penanaman pohon oleh seluruh tamu undangan dan peserta upacara dan di lanjutkan dengan karya bakti pembersihan fasilitas umum, pembersihan pasar, pembersihan drainase/sungai diikuti oleh 325 peserta gabungan Pramuka TK, SMA, SMK, SMP dan TNI/Polri wilayah Merauke yang dikoordinir oleh Kasiter Korem174/ATW bersama Ketua Kwartir Kab. Merauke.

Otentifikasi : Pendam XVII/Cenderawasih

Check Also

Sukseskan Ketahanan Pangan, Koramil 1708-06/Supiori Utara Bersama Warga Laksanakan Panen Raya

Supiori ~ Danramil 1708-06/ Supiori Utara Mayor Cku (K) Patresia Siante bersama anggotanya dan masyarakat …