Home / Post / Berita / Kuliah Umum Danrem 174/ATW Didepan 1.860 Mahasiswa Baru UNMUS Merauke

Kuliah Umum Danrem 174/ATW Didepan 1.860 Mahasiswa Baru UNMUS Merauke

Merauke – Komandan Korem 174/ATW memberikan kuliah umum kepada mahasiswa baru Universitas Musamus di halaman Gedung Tehnik Kampus Musamus, Jl. Kamizaun, Kelurahan Mopah Lama, Distrik Merauke, Kabupaten Merauke. Selasa (13/8).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh 1.860 mahasiswa baru yang tampak antusias mengikui kegiatan Silaturahmi dan kuliah umum tentang Bela Negara oleh Danrem 174/ATW Brigjen TNI R. Agus Abdurrauf, S.I.P., M.Tr (Han)., yang mengambil Tema “Musamus Anti hoaks dan Radikalisme”.

Kegiatan Kuliah umum dihadiri juga oleh Rektor Universitas Musamus Drs. Philipus Betaubun, Kolonel Inf Feksi D. Anggi (Kasiter Rem 174ATW), Kolonel Arm Themy Usman (Kasipers Rem 174/ATW) dan Kolonel Inf Johanes Advendino Krismadi (Kasi Intel Rem 174/ ATW)

“Kuliah umum itu dimaksudkan untuk memberikan pemahaman kepada generasi muda tentang pentingnya Bela negara disertai dengan wawasan kebangsaan yang meliputi empat pilar kebangsaan yaitu, Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI, yang akhir-akhir ini sudah mulai luntur dan pudar”, ungkap Danrem.

Bela negara merupakan tekad, sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 serta semangat rela berkorban demi menjamin kelangsungan hidup berbangsa dan bernegara.

Danrem juga menjelaskan bahwa sistem pertahanan negara Indonesia yaitu sistem yang bersifat pertahanan semesta, melibatkan seluruh warga negara Indonesia, wilayah dan sumber daya nasional lainnya dan dipersiapkan secara dini oleh pemerintah serta diselenggarakan secara total, terpadu, terarah dan berlanjut untuk menegakkan kedaulatan NKRI.

“Dalam bela negara itu, TNI sebagai komponen utama dengan didukung oleh komponen cadangan dan pendukung lainnya. Komponen cadangan adalah sumber daya nasional yang telah disiapkan untuk dikerahkan melalui mobilisasi guna memperbesar dan memperkuat kekuatan dan kemampuan komponen utama. Dan sebagai komponen pendukung adalah sumber daya nasional yang dapat digunakan untuk meningkatkan kekuatan dan kemampuan komponen utama dan komponen cadangan”, terangnya.

“Mengenai empat pilar kebangsaan yang meliputi Pancasila, Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bhinneka Tunggal Ika, keempat pilar ini apabila dapat melekat dengan baik maka kita akan memiliki ketahanan Nasional yang kuat dalam menghadapi ancaman baik dari dalam maupun luar negeri,” ungkapnya.

Danrem berharap agar para mahasiswa Universitas Musamus dapat menyelesaikan belajar dengan baik sehingga pengalaman serta ilmu yang telah diperoleh nantinya dapat diterapkan di lingkungan kampus dan bermanfaat di masyarakat dimana kalian berada.

Usai pemberian kuliah umum, Danrem 174/ATW menerima peghargaan sertifikat dan ucapan terimakasih dari Rektor Universitas Musamus dan dilanjutkan ramah tamah. (Prod/Cen)

About redaksi