Lepas Kirab Kebangsaan Kab. Pegubin, Dandim 1715/Yahukimo Ajak Seluruh Komponen Bersatu Demi Kemajuan Bangsa

Oksibil ~ Komandan Kodim 1715/Yahukimo Letkol Inf Tommy Yudistyo berkesempatan melepas Kirab Kebangsaan dalam rangka memeriahkan hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78, yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten Pegunungan Bintang bersama dengan aparat keamanan TNI-Polri.

Kegiatan tersebut dipusatkan di jalan Okmakot, Kampung Okmakot, Distrik Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang, Provinsi Papua Pegunungan, Minggu (13/8/2023).

Kegiatan diikuti sebanyak 1.700 orang dan dilaksanakan dengan mengelilingi wilayah Distrik Oksibil hingga berakhir di lapangan sepakbola Kabiding.

Pada kesempatannya, Dandim mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersatu dan mempererat kebersamaan dalam menjaga keutuhan dan kemajuan bangsa.

“Acara Kirab Kebangsaan ini dapat menjadi momentum untuk mempererat tali persaudaraan membangun kesadaran akan pentingnya kebersamaan dan menumbuhkan semangat dalam menjaga keutuhan dan kemajuan negara. Saya berpesan agar seluruh masyarakat tetap menjunjung tinggi nilai-nilai Bhinneka Tunggal Ika sebagai landasan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” tuturnya.

Pihaknya menekankan pentingnya kerjasama dan kolaborasi antara TNI-Polri dan masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban di daerah.

“Dengan dilaksanakannya Kirab Kebangsaan ini, kita berharap agar Kabupaten Pegunungan Bintang semakin maju dan sejahtera serta seluruh komponen masyarakat dapat berperan aktif dalam membangun kehidupan yang lebih baik,” pungkasnya.

Sementara itu Wakil Bupati Pegunungan Bintang Kris Bakweng Uropmabin, S.T., menyampaikan melalui Kirab Kebangsaan ini kami ingin menunjukkan kepada wilayah lainnya di Indonesia bahwa Kabupaten Pegunungan Bintang merupakan Kabupaten yang masyarakatnya Bhinneka Tunggal Ika.

“Kami ingin menyampaikan kalau disini situasi aman-aman saja. Kami disini menikmati pembangunan dari NKRI yang telah merdeka 78 tahun lalu. Saya berharap kepada semua masyarakat agar membangkitkan semangat Bhinneka Tunggal Ika sebagai negara yang baik dan kita akan menikmati pembangunan sesuai dengan visi misi Kabupaten kita,” ucapnya.

“Semoga dengan kebersamaan ini, kita terus mempertahankan dan menjaga keamanan di wilayah Kabupaten Pegunungan Bintang. Dan yang terpenting juga kepada masyarakat, jangan menjadi penyebar isu, kita sekolah untuk membangun Pegunungan Bintang sehingga kita sebarkan informasi yang benar agar masyarakat juga tenang,” tukasnya.

Otentifikasi : Pendam XVII/Cenderawasih.

Check Also

Jaga Kesehatan Tubuh, Dandim Merauke Pimpin Olahraga Bersama

Merauke ~ Guna menjaga dan meningkatkan kesehatan serta kebugaran tubuh, Dandim 1707/Merauke Letkol Inf Bayu …