Lestarikan Bahan Pangan Lokal, Babinsa  Bantu Warga Olah Sagu

Supiori ~ Guna menjaga kelestarian dan ketahanan bahan pangan lokal diwilayah binaannya, Babinsa Koramil 1708-06/Supiori Utara Koptu Hamli bantu Bapak Marten Binur dalam mengolah sagu yang berlokasi di Kampung Warbor, Distrik Supiori Utara, Kabupaten Biak Numfor, Kamis (22/2/2023).

Sagu merupakan salah satu makanan pokok selain beras yang banyak di konsumsi di daerah Timur Indonesia khususnya di daerah Papua.

Selain dikomsumsi biasanya masyarakat juga menjualnya dalam bentuk makanan. Dalam kesempatan tersebut Sertu Sriyono mengatakan sagu merupakan bahan pangan lokal yang harus dilestarikan.

Masyarakat biasanya mengolah sagu masih menggunakan  proses tradisional yaitu dengan memangkur sagu atau pukul sagu.

“Kali ini saya membantu pengolahan sagu dengan menggunakan mesin penggiling sagu, sehingga dapat mempermudah dan mempersingkat proses pengolahannya,” ucap Koptu Hamli.

Dengan kehadiran Babinsa diharapkan dapat meringankan pekerjaan yang sedang dilakukan oleh warga sehingga dapat meningkatkan semangat mereka dalam melestarikan bahan pangan lokal, yang juga dapat menjadi sumber pendapatan dalam meningkatkan perekonomian keluarga,” tandas Koptu Hamli.

Mendapat bantuan dari Babinsa, Bapak Marten Binur merasa senang dan sangat mengapresiasi keberadaan dan bantuan Babinsa.

”Saya sangat berterima kasih atas kemauan dari Babinsa untuk mau dan rela menyempatkan diri untuk membantu kami untuk megolah sagu, Semoga hal ini menjadi berkat dan bermanfaat bagi keluarga kami pribadi dan juga kepada masyarakat lainnya,” tuturnya.

Check Also

Babinsa Koramil 1710-07/Mapurujaya Jaga Hubungan Dengan Masyarakat Melalui Komsos

Timika ~ Kondisi wilayah binaan merupakan tanggung jawab Babinsa selaku aparat kewilayahan dan untuk mengantisipasi …