Lestarikan Bahan Pangan Lokal, Babinsa Yapsel Bantu Warga Sarawandori Mengolah Sagu

Yapen ~Koptu Aan Kurniawan Babinsa Koramil 1709-01/Yapsel Kodim 1709/Yawa membantu masyarakat binaannya dalam mengolah sagu di Kampung Sarawandori Distrik Kosiwo Kabupaten. Kepulauan Yapen, Papua, Kamis (11/1/2024).

Dalam mengolah sagu untuk menjadi bahan pangan tidaklah semudah yang dibayangkan, karena dalam proses mengekstrak pati dari pohon sagu sangat membutuhkan waktu yang lama dan usaha yang ekstra.

Koptu Aan mengungkapkan pada umumnya masyarakat dalam mengolah sagu, masih menggunakan proses tradisional yaitu dengan memangkur atau pukul, namun kali ini dirinya membantu pengolahan dengan menggunakan mesin penggiling sagu, sehingga dapat mempermudah dan mempersingkat proses pengolahannya.

“Sagu memiliki banyak nutrisi yang sepatutnya di pertimbangkan untuk dikonsumsi, dengan belajar mengolah sagu, tidak hanya melestarikan bahan pangan lokal, namun sangat penting bagi kita untuk memanfaatkan bahan yang ada untuk bertahan hidup,” ungkap Koptu Aan.

Sementara itu, Mama Susance Adadikam yang saat itu dibantu oleh Babinsa turut mengucapkan terima kasih karena pekerjaan menjadi lebih ringan dalam mengolah sagu.

“Kami sangat berterima kasih sekali atas kehadiran Bapak Babinsa yang telah membantu pekerjaan kami dalam mengolah sagu, dan juga kami merasa bangga karena keinginan kalian untuk mempelajari cara pengolahan sagu,” ujarnya.

Otentifikasi : Pendam XVII/Cenderawasih

Check Also

Kodim 1709/Yawa Gelar Syukuran Dalam Rangka HUT Ke-61 Kodam XVII/Cenderawasih

Yapen ~ Kodim 1709/Yawa menggelar syukuran Hari Ulang Tahun ke-61 Kodam XVII Cenderawasih dengan mengusung …