LESTARIKAN BAHAN PANGAN LOKAL, PERSONEL SATGAS TMMD BANTU WARGA MENGOLAH SAGU

Merauke – Personel Satgas TMMD ke-112 Kodim 1707/Merauke yang dipimpin oleh Serda Muhamad Ikbal Jaelani membantu masyarakat Keluarga Mama Koleta (48) memangkur sagu dipekarangan belakang rumah miliknya bertempat di Kampung Okor, Distrik Haju, Kabupaten. Jum’at, (8/10/2021).

Kapendam XVII/Cenderawasih Kolonel Arm Reza Nur Patria, S.E., M.Si (Han), mengatakan Personel satgas TMMD melakukan komunikasi sosial kepada masyarakat sekitar lokasi TMMD, sekalian membantu masyarakat mengolah proses pembuatan sagu.

Tidak hanya itu, kegiatan tersebut bertujuan untuk meringankan pekerjaan yang sedang dilakukan oleh warganya, sehingga dapat meningkatkan semangat masyarakat dalam melestarikan bahan pangan lokal, yang juga dapat menjadi sumber pendapatan dalam meningkatkan perekonomian keluarga, “jelas Kapendam XVII/Cenderawasih.

Dikesempatan tersebut Serda Muhamad Ikbal Jaelani mengungkapkan bahwa sagu merupakan salah satu makanan pokok bagi masyarakat Kampung Okor selain ubi-ubinan dan juga beras, jadi sampai dengan saat ini mereka masih menkonsumsi makanan sagu.

“Untuk mendapatkan sari pati sagu mereka satu keluarga harus menebang pohon sagu dan kemudian batang pohonnya dipangkur hingga menjadi serpihan lembut kemudian dicuci ataupun dibersihkan dengan air sambil disaring untuk mendapatkan sari pati sagu”. ucap Serda Ikbal.

Sedangkan dalam proses memangkur dilakukan secara bersama-sama satu keluarga agar pekerjaan mendapatkan sari pati sagu lebih cepat dan dalam satu pohon biasanya bisa dikonsumsi satu sampai dua minggu tergantung jenis makanan yang dikonsumsi setiap harinya”. jelasnya.

Serda Muhamad Ikbal Jaelani kegiatan ini diharapkan dapat meringankan beban keluarga mama Koleta dalam mendapatkan sari pati sagu yang mana keberadaan personel Satgas TMMD di Kampung Okor membangun 20 unit rumah masyarakat melalui Program TMMD Ke-112.

Pada kesempatan tersebut Mama Koleta mengucapkan terimakasih banyak kepada Bapak TNI yang turut membantu keluarganya dalam memangkur sagu. “Dengan adanya pendampingan dan ikut membantu pekerjaan memangkur sagu menjadi lebih cepat, jadi terimakasih banyak kepada Bapak TNI”. ucap Mama Koleta dengan wajah penuh gembira.

*Otentifikasi: Pendam XVII/Cenderawasih*

Check Also

ATASI KELUHAN KESEHATAN MASYARAKAT, SATGAS TNI GELAR BHAKTI SOSIAL DAN BERI PELAYANAN KESEHATAN DI PERBATASAN RI-PNG

Keerom – Masih dalam rangkaian memeriahkan HUT TNI ke-76 tahun 2021, Pos Kout Satgas Pamtas …