Lestarikan Budaya Papua, Satgas TNI 301/PKS Sukseskan Acara Tradisi Bakar Batu Di Puncak Jaya

Kalome – Adalah suatu bentuk kepedulian dan kewajiban Posramil Kalome Satgas Satuan Organik Yonif Raider 301/PKS ikut membantu dalam penyiapan dan menghadiri acara tradisi bakar batu yang dilaksanakan pada hari minggu di Kampung Agape Distrik Kalome Kab. Puncak Jaya, Papua.

Demikian dikatakan Dansatgas Satuan Organik Yonif Raider 301/PKS Letkol Inf Mohammad Syaifuddin Fanany S.H., M.I.P dalam keterangannya, di Kota Baru Kab. Puncak Jaya, Papua, Senin (15/08/2022).

Diungkapkan Dansatgas bahwa dirinya telah menyampaikan kepada Prajurit Posramil Kalome untuk membantu masyarakat apabila membutuhkan dan mengusahakan hadir apabila masyarakat mengundang, khususnya pada acara adat seperti bakar batu tersebut.

“Bantuan dan kehadiran ditengah-tengah masyarakat merupakan wujud nyata pelaksanaan tugas pokok Binter Satgas yaitu melalui pendekatan komunikasi sosial dengan masyarakat,” pungkasnya.

“Persatuan adalah kekuatan, ketika adanya keberagaman dan pemahaman yang sama, maka hal-hal yang indah akan terjadi, oleh karenanya sudah menjadi tugas dan tanggung jawab kita untuk selalu melestarikan keberagaman adat budaya yang menjadi identitas bangsa,” tambah Dansatgas.

Turut hadir dalam acara bakar batu hari minggu tersebut, Danposramil Kalome Lettu Inf Adhega Alifianudine beserta 15 orang anggota, Ketua Klasis Gereja GIDI Agape Bapak Yeko Gire dan seluruh warga dari Kampung Kalome, Kampung Agape dan Kampung Kayougebur berjumlah kurang lebih 300 orang.

Di tempat yang sama, Danposramil Kalome Lettu Inf Adhega Alifianudine menyampaikan kegiatan tradisi bakar batu merupakan salah satu tradisi penting di Papua Pegunungan yang berupa ritual memasak bersama-sama warga satu kampung yang bertujuan untuk bersyukur, bersilaturahmi (mengumpulkan sanak saudara dan kerabat, menyambut kebahagiaan (kelahiran, perkawinan adat, penobatan kepala suku).

Disamping itu, Bapak Ketua Klasis Gereja Agape saat membuka acara mengucapkan terimakasih kepada Tuhan Yang Maha Esa dan kepada Pos TNI Kalome yang sudah datang di acara tersebut.

“Terima kasih sudah ikut serta dalam penyiapan acara bakar batu ini, kami berterima kasih sekali kepada Bapak-bapak Pos TNI yang selama ini sudah banyak membantu masyarakat kami,” ujar Bapak Ketua Klasis Gereja Agape.

Otentifikasi : Pendam XVII/Cenderawasih.

Check Also

Sukseskan Ketahanan Pangan, Koramil 1708-06/Supiori Utara Bersama Warga Laksanakan Panen Raya

Supiori ~ Danramil 1708-06/ Supiori Utara Mayor Cku (K) Patresia Siante bersama anggotanya dan masyarakat …